Skip to main content

BERSAMA LINTAS SEKTORAL PUSKESMAS BATANG TUMU MELAKUKAN LOKAKARYA MINI TRIWULAN  

UPT Puskesmas Batang Tumu Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan Lokakarya Mini Triwulan (08/03/2018) yang dihadiri oleh berbagai lintas sektoral. Acara dibuka langsung oleh Camat Mandah Junaidi di Desa Batang Tumu Kecamatan Mandah. Selain dari Kecamatan Lokakarya Mini Puskesmas Batang Tumu juga dihadiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Kepala Desa, Ketua PKK,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Masyarakat serta Petugas Kesehatan yang ada diwilayah kerja UPT Puskesmas Batang Tumu.

Tujuan dari Lokakarya Mini Triwulan Puskesmas ini diadakan untuk memecahkan masalah kesehatan diwilayah kerja Puskesmas dengan alternatif pemecahan masalah yang disepakati oleh berbagai lintas sektoral. Pemecahan masalah yang dipilih nantinya akan menjadi prioritas dalam penentuan intervensi yang akan dilakukan oleh Puskesmas dan lintas sektoral guna menyelesaikan permasalah kesehatan yang ada. Masalah kesehatan yang masih menjadi perhatian utama diwilayah kerja Puskesmas Batang Tumu diantanya, masih rendah angka persalinan di Fasyankes, Imunisasi dasar lengkap yang masih rendah, pemberian ASI Ekslusif oleh ibu pada bayinya yang masih rendah, dan masih ada masyarakat yang belum memanfaatkan Air Bersih dan Jamban Sehat.

Camat Madah Kabupaten Indaragiri Hilir Junaidi dalam arahannya mengatakan masalah rendahnya angka persalinan difasilitas kesehatan mendapat perhatian khusus dari pihak Kecamatan yang mana pihaknya kan mendukung penuh apa yang akan dilakukan oleh pihak Puskesmas Batang Tumu.

“Pihak kecamatan mendukung penuh masyarakat melakukan persalinan difasyankes”, ucapnya

“Walaupun masih ada masyarakat yang melakukan persalinan yang dilakukan oleh dukun kampung kendati karena tidak adanya biaya persalinan”, tambahnya

“Maka dari itu pihak Kecamatan akan mengupayakan agar setiap ibu yang melakukan persalinan di Fasyankes ditanggung oleh pemerintah dalam hal ini BPJS kesehatan”, tandasnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indaragiri yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid SDK Ns. Matzen menganjurkan agar dilakukan pertemuan evaluasi kemitraan antara Bidan Desa dan dukun bayi untuk memperkuat hubungan kemitraan antara Bidan Desa dan Dukun Bayi. selain itu beliau menjelaskan agar tidak henti-hentinya petugas kesehatan melakukan upaya promosi  kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap manfaat dan dampak kesehatan.

“Petugas kesehatan harus aktif melakukan promosi kesehatan pada masyarakat”, ucap Ns. Matzen

“Jangan bosan untuk mengingatkan tentang manfaat dan dampak kesehatan setiap hari kepada masyarakat” tutupnya

Dari hasil Pertemuan Lokakarya Mini Triwulan lintas sektor Puskesmas Batang Tumu disepakati beberapa poin penting dintaranya kesepakatan untuk Kepala Desa membuat Perdes agar setiap warganya yang melakukan persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan, Desa mengalokasikan dana desa 10 % untuk kesehatan, Camat dan Kepala Desa membuat peraturan Stop Buang Air Besar sembarangan (Stop BABs), Setiap Kepala Desa diwilayah kerja Puskesmas Batang Tumu akan mengadakan rumah tunggu kelahiran dimasing – masing Desanya, dan pertemuan evaluasi kemitraan Bidan Desa dan Dukun Bayi Pertriwulan. Kesepakatan ini ditanda tangani langsung oleh  Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Camat Mandah, Ketua PKK Kecamatan Mandah, Kepala Desa diseluruh wilayah kerja Puskesmas, dan Bidan Koordinator Puskesmas Batang Tumu.

Editor : Saipur Rahman

Sumber : Tenaga Promkes UPT Puskesmas Batang Tumu La Ode Joi, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *