Skip to main content

BERSAMA BPJS KESEHATAN, PUSKESMAS TELUK PINANG SEHATKAN LANSIA BERSAMA PROLANIS

img_20161114_133950Teluk pinang, 9 November 2016. Kepala UPT Puskesmas Teluk Pinang Ibu Siti Kordiati bersama Staf tenaga kesehatan sukses merangkul kaum Lansia kearah Kesehatan bersama Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS). bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang ada di Kelurahan Teluk Pinang ini menganggap penting akan perlunya kesadaran oleh mereka yaitu masyarakat lanjut usia.

Kegiatan ini dilaksanakan di Posyandu Seroja,Wilayah Kerja UPT Puskesmas Teluk Pinang. tujuan dari program terlaksananya kegiatan ini ialah agar masyarakat dapat mengenali dan memahami tentang penyakit – penyakit kronis serta dapat mengetahui cara pencegahan dari penyakit-penyakit kronis tersebut.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau PROLANIS merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. untuk Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dan peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.
Kepala UPT Puskesmas SitiKordiati menyampaiakan bahwa “Tujuan Kegiatan Program Prolanis  oleh Puskesmas Teluk Pinang ini ialah untuk membentuk perkumpulan Lansia, sehingga terbentuk pelayanan BPJS terhadap JKN dimana Peserta akan mengetahui permasalahan kesehatan yang sering di alami oleh para Lansia seperti penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus. Kegiatannya di isi dengan adanya penyuluhan-penyuluhan kesehatanyang kita berikan, Pemeriksaan Kesehatan serta di iringi dengan Senam Prolanis” tutur beliau.
img_20161114_134036Program Prolanis yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Puskesmas Teluk Pinang ini terdiri dari Febri Wahyudi, Amk, Ns. Yeyen Zanisya, S.kep. Zulaiha, Amd.keb, Elphita sari, Amd.Keb, Yulia Puspita Dewi, Amd.Keb, Yunelda, Amg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *