Skip to main content

BERIKAN HAK BUAH HATI ANDA DENGAN BAWA KE POSYANDU

IMG-20170214-WA0010Sungai Piring, 14 Februari 2017. Berkunjung ke Posyandu merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam upaya meningkatkan dan memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, utamanya kesehatan balita. Jika dilihat dari kepentingan pemerintah, maka pembangunan kesehatan masyarakat desa merupakan usaha memperluas jangkauan layanan kesehatan baik oleh pemerintah maupun swasta dengan peran aktif dari masyarakat sendiri.

Untuk mendukung Program pemerintah dalam upaya manjadikan masyarakat yang aktif dan siaga dalam memperhatikan kesehatan, Puskesmas Sungai Piring senantiasa menghidupkan peran aktif masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan positif dibawah pengawasan dan pelatihan dari tim penyuluhan kesehatan dari Puskesmas Sungai Piring. Di Posyandu balita melati pasar lama, hari ini kembali melakukan kegiatan rutin tiap bulan dengan memeriksakan balita mereka.

kite mencoba dengan berbagai keterbatasan yang ada untuk tetap dapat memberikan hak mereka, masyarakat kita juga harus mendapatkan pelayanan dan informasi kesehatan. Untuk itu sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan pelayanan kesehatan” terang Tuti dari Promkes Puskesmas kepada MCT Dinkes.

IMG-20170214-WA0011Kegiatan Posyandu ini memberikan bagi balita untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terutama balita umur 0-5 tahun dan ibu hamil serta pelayanan KB dan imunisasi, penimbangan BB (berat badan)  dan TB (tinggi badan), terlihat antusiasnya sekitar 20 orang ibu-ibu yang membawa balitanya ke Posyandu dan juga dari petugas penyuluhan dari Puskesmas tampak Aulia Puspita, Amd. Keb, Yermiati, Amd. Kep.

setiap kegiatan Posyandu akan kitab berikan penyuluhan seputar kesehatan dan bagaimana untuk mendapatkan keseahatan itu dengan mudah, sebab jarak kita ke Puskesmas relative jauh untuk itu kemandirian individu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sangat penting” tambah Tuti.

Selain petugas kesehatan juga dibantu oleh kader terlatih yang sudah terbentuk, dan tidak kalah pentingnya diberikan penyuluhan tentang manfaat cuci tangan pakai sabun bagi ibu-ibu rumah tangga yang nantinya dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan nantinya dapat mengajarkan didalam lingkungan keluarga. Adapun penyakit yang dapat dicegah dari kebiasaan CTPS diantaranya penyakit diare, pilek, batuk, dan cacingan.

Sumber: Tenaga Promkes Tuti Auliyah, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *