Tips agar mulut tidak berbau saat puasa adalah bau-mulut1yang paling banyak dicari oleh peselancar internet saat ini, apalagi dalam suasana bulan puasa Ramadhan. Saat berpuasa, bau mulut menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan. Hampir semua orang berpuasa akan mengalaminya. Ada sejumlah faktor penyebab mengapa mulut akan lebih berbau saat berpuasa, tetapi secara umum sangat dipengaruhi oleh faktor internal mulut kita. Adanya gigi berlobang atau gusi yang membengkak (abses) menjadi salah satu faktor utama penyebab bau mulut. Di samping itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga ikut berpengaruh terhadap bau mulut.

Nah, kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara sederhana dan tips agar mulut tidak berbau saat puasa. Beberapa tips di sini sebenarnya bukan rahasia lagi, hanya saja terkadang masih banyak orang menganggapnya hal sepele atau karena kurangnya perhatian terhadap masalah bau mulut (halitosis).

Singkat saja, agar mulut anda tidak berbau, ada beberapa cara dan saran yang dapat kami berikan dan dapat dipraktekkan sebelum dan setelah Anda berbuka puasa seperti di bawah ini:

Banyak Minum Air Putih

Usahakan minum air putih sebanyak mungkin, minimal 10 gelas menjelang sahur dan setelah berbuka puasa. Air putih dapat membantu membersihkan area rongga mulut, selain itu dapat meningkatkan produksi saliva ( air liur ) sebagai penetralisir bau mulut.

Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung  zat polyphenol dapat mengurangi bakteri  yang terdapat dalam rongga mulut maupun pada saluran pernafasan, oleh karena itu meminum teh hijau sebelum  dan setelah menjalankan puasa  sangat baik untuk mencegah bau mulut.

Pilih Menu Makanan Terbaik

Beberapa jenis makanan yang dapat  memicu ataupun mencegah bau mulut. Beberapa jenis makanan ini telah di jelaskan pada beberapa artikel  sebelum ini.

Lakukan Olahraga Ringan

Walaupun anda sedang menjalani puasa, sebaiknya anda melakukan olahraga ringan untuk mengeluarkan zat-zat racun  dalam tubtuh melalui keringat. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, berolahraga ringan secara teratur ternyata dapat mengurangi bau mulut.

Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Menggunakan obat kumur juga efektif untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa. Tapi sebaiknya anda gunakan setelah anda berbuka puasa atau setelah makan sahur.

Menggosok Gigi

Menggosok gigi setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa dapat membantu mengurangi bau mulut. Gunakan pasta yang mengandung mint untuk mengharumkan nafas anda.

sumber : http://www.doktercantik.com/369/tips-agar-mulut-tidak-berbau-saat-puasa.html

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini