Skip to main content

BAKTI SOSIAL SAKA BAKTI HUSADA UPT. PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU

Dalam Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan disebutkan bahwa kesehatan merupakan hak bagi setiap rakyat, dan upaya untuk mewujudkan kesehatan tersebut harus dilaksanakan bersama-sama antara Pemerintah dengan rakyat.

Sebagai upaya mewujudkan terciptanya derajat kesehatan masyarakat, serta keluarga kecil bahagia dan sejahtera, telah dilaksanakan berbagai macam keterpaduan program kesehatan antara pemerintah dengan masyarakat yang ditandai dengan tumbuhnya berbagai upaya kegiatan peningkatan derajat kesehatan bersama masyarakat, seperti Posyandu, gerakan kebersihan lingkungan, gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH), gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), gerakan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI), serta kegiatan lainnya yang mengarah pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Upaya keterpaduan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat termasuk sekolah, salah satunya terwujud bakti sosial anggota SBH ranting UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu, dimana bentuk kegiatan ini adalah gotong-royong membuat jamban sehat di Surau desa Sialang Panjang. Kegiatan ini di pandu langsung oleh pemegang program kesling UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu, kepala Pustu, BABINSA serta masyarakat bersama-sama bergotong-royong agar surau di desa Sialang Panjang tersedia jamban sehat. jamban yang di buat di surau tersebut ada 2 yaitu untuk muslim laki-laki dan untuk muslimah perempuan, karena itu proses pembuatannya dijadikan 2 tahap, saat ini tahap pertama dan tahap kedua akan dilakukan pada rabu 14 maret 2018.

Harapan dari UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu yaitu dengan kegotong-royongan masyarakat setempat untuk membuat jamban sehat dapat termotivasi demi kehidupan yang lebih sehat di masa yang akan datang.

Narasumber : Anggita Merry (Promkes Tembilahan Hulu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *