BACK TO NATURE, POSKESDES KARYA TANI AJAK WARGA DAN LINTAS SEKTOR BUDIDAYAKAN TOGA

togaTanaman obat keluarga (TOGA) pada dasarnya merupakan tanaman yang ditanam di halaman rumah, kebun atau sebidang tanah atau ditanam didalam pot yang dimanfaatkan sebagai budi daya tanaman berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan, seperti yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kempas Jaya melalui Pos kesehatan desa (POSKESDES) Karya Tani yang giat menggerakan lapisan masyarakat bersama tenaga kesehatan setempat untuk senantiasa mebudidayakan tanaman obat keluarga (TOGA).

Kegiatan gotong royong rutinan yang dilaksanakan oleh Poskesdes Karya Tani ini dilaksanakan pada hari jumat dan sabtu dengan melibatkan kader posnyandu dan ibu-ibu setempat pada kegiatan pembutan kebun toga

Pembuatan kebun toga tanaman obat keluarga dgn melibatkan para kader posyandu di poskesdes karya tani ini dimaksud dengan tujuan serta maanfaanya adalah, Untuk meperkenalkan toga atau back to nature tentang obat tradisional yang saat ini sudah mulai dilupakan dan ditinggalkan masyarakat.

Selaku Kepala UPT. Puskesmas Kempas Jaya, H. Didik Suhardiman, amk memberikan gagasan cemerlang ini karena memandang pentingnya tanaman obat untuk selalu dilestarikan dan diberikan perhatian lebih terhadap perawatannya. Untuk itu melalui kepala Tata Usaha Rio Supriono, amf menanggapi positif akan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Poskesdes Karya Tani ini.

Kita sangat menanggapi positif akan dimekarkannya kembali gerakan tanam tanaman obat keluarga ini agar bisa dibudidayakan, jika ini sukses ini juga bisa menjadi nilai tambah yang bersipat komersial bagi keluarga. Dan juga kami berharap Tangapan dan apresiasi positif kepada setiap pustu yang ada di Puskesmas Kempas Jaya agar dapat mengikutinya dan mulai memperkenalkan obat-obatan tradisional kemasyrakat luas yg merupakan obat herbal tanpa efek kimiawi yang dapat merusak organ tubuh manusia.

toga1Untuk itu Puskesmas Kempas Jaya memandang perlu bagi masyarakat untuk mengenal dan mengetahui manfaat tanaman obat keluarga yang banyak terdapat disekitar pekarangan rumah mereka. Manfaat tanaman obat sangat beragam tergantung subjektifitas kita memandangnya, beberapa manfaat tanaman obat obat antara lain:

  • Sebagai pelengkap obat-obatan keluarga yang bersifat tradisional.
  • Bernilai tambah estetika bila ditata dengan baik dan rapi.
  • Memberi contoh cara pemanfaatan lingkungan dan pekarangan.
  • Menambah nilai keasrian dan kesejukan pekarangan rumah.
  • Tentunya dapat dikelola dengan baik dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *