Antisipasi Virus Corona, Dinkes Inhil Gelar Rapat Koordinasi Bersama Instansi Terkait

Pemerintah Kabupaten indragiri hilir bekerja sama dengan instansi terkait lainnya mempersiapkan antisipasi suspect virus corona  yang merebak di China itu sampai masuk ke daerah Inhil.

Terkait antisipasi itu sendiri Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil membahas dalam rapat koordinasi bersama intansi terkait, senin (27/01) untuk melakukan berbagai persiapan masing-masing dalam kemungkinan terburuk ada ditemukan virus .

“Terkait Virus ini masyarakat kabupaten inhil jangan panik dan tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke Rumah Sakit terdekat”, imbau Kadis Kesehatan H. Zainal Arifin SKM, M. Kes saat memimpin rapat koordinasi.

Selain itu juga Kadiskes mengajak kepada masyrakat untuk melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi publik dan mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik.

“Cuci dengan Air dan keringkan dengan handuk atau kertas menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk ketika memiliki gejala saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan”, ujarnya

Selain itu juga kadiskes mengimbau jika merasa kesehatan tidak nyaman  terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan.

“Setelah kembali dari Daerah Outbreak, Konsultasi ke Dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu Dokter riwayat perjalanan serta gunakan Masker untuk mencegah penularan penyakit.”tambahnya

Sementara itu direktur RSUD Puri Husada Tembilahan dr. Saut Pakpahan terkait antisipasi virus corona ini pihak Rumah sakit  menyediakan ruangan khusus untuk menjadi rujukan bagi kasus PIE (Penyakit Infeksi Emerging). Selain menyiapkan ruang isolasi,  juga menyiapkan tenaga medis dan dokter.

“RSUD juga sudah mempersiapkan peralatan yang di butuhkan termasuk alat pelindung diri (APD) mulai dari baju, kaca mata google dan masker N95 serta kita juga mempunyao dokter penyakit dalam dam paru apa bila diperlukan untuk konsultasi”, ucap dr. Saut

dr. Saut Pakpahan mengatakan hingga kini belum ada laporan adanya terduga virus corona di daerah inhil dan apa bila itu di temukan pihaknya sudah mempersiapkan jalur khusus terkait penagaman pasien rujukan maupaun pasien yang di temukan di RSUD Puri Husada tembilahan.

Terkait penanganan kondisi wabah virus corona di Riau, khusunya kabupaten inhil dinas kesehatan inhil bersama intansi terkait termasuk Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tembilahan akan  mempersiapkan sarana, prasarana Dan SDM antisipasi apabila terjadinya kasus tersebut di temukan kabupaten inhil.

Rapat Bersama Instansi Terkait di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan Inhil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *