Skip to main content

LOKAKARYA MINI , PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU HARAP MAMPU TINGKATKAN LAYANAN KESEHATAN

Lokakarya Mini (LOKMIN) Lintas sektor (Linsek) Upt. Puskesmas Tembilahan Hulu adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi di tingkatkan pemanku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas tembilahan hulu sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pada Lokakarya Mini Lintas sektor Upt. puskesmas Tembilahan Hulu (14/02/2020), yang di pimpin oleh camat Tembilahan hulu Nazar, S. Sos dan di hadiri kepala dinas kesehatan dalam hal ini di wakili kabid yankes Ns. Matzen. M.Kes, Lurah, kepala desa wilayah kerja puskesmas tembilahan hulu, KUA, tokoh masyarakat, para kader kesehatan.lokakarya mini (LOKMIN) lintas sektor merupakan bagian dari langkah strategis dalam membangun kesepahaman bersama untuk menyikapi permasalahan kesehatan.

Kegiatan Lokmin Triwulan 1 Tahun 2020 membahas Beberapa Masalah Program yang belum tercapai di Tahun 2019 yaitu

– belum tercapai nya Desa Siaga Aktif
– Pencapaian dan Penemuan kasus TB

Dalam Lokmin ini membahas permasalahan yang ada serta bagaimana cara pemecahan masalahnya agar program tersebut tercapai.

Untuk mangatasi permasalah tersebut, pada pertemuan lokakarya mini linsek ini kami membuat kesepakatan bersama yaitu :
1. Meningkatkan Kerjasama Lintas Sektor untuk Membentuk Desa/Kelurahan Siaga Aktif
2. Bekerja sama antara Lintas Sektor dan Masyarakat dalam Penemuan dan Penanganan Kasus TB
3. Camat Membuat SK dan Tim Desa/Kelurahan Siaga Aktif
4. Pembentukan Forum Desa/Kelurahan Siaga Aktif
5. Dilakukannya Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) 3 Bulan Sekali
6. Dibentuknya Desa/Kelurahan Siaga Aktif dan
7. Mensosialisasikan tentang Jaminan Kesehatan yang Bisa Digunakan bagi Ibu Bersalin melahirkan di Fasilitas Kesehatan, diluar Fasilitas Kesehatan Jampersal dan BPJS tidak bisa digunakan

HJ. rosdinah selaku kepala puskesmas menyampaikan ucapkan Terimakasih kepada Seluruh Panitia yang telah bekerja sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar Semoga kita bisa saling bekerjasama dan saling berpartisipasi dalam memberdayakan Masyarakat dan menciptakan masyarakat Sehat khususnya di Wilayah Upt puskesmas tembilahan hulu. tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *