Skip to main content

Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar dan Tenaga Kesehatan di Indragiri Hilir

Hari ini, Jumat (22/10/2021) sejumlah Puskesmas di Kabupaten Indraggiri Hilir melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi pelajar dan tenaga kesehatan.

Foto : UPT Puskesmas Batang Tumu
Foto : UPT Puskesmas Pengalihan Keritang
Foto : UPT Puskesmas Pengalihan Enok

Puskesmas Batang Tumu, selain memberikan vaksinasi Moderna kepada 14 orang tenaga kesehatan, juga melakukan vaksin kedua untuk 200 orang warga setempat.

Puskesmas Pengalihan Keritang bekerjasama dengan kepolisian resort Indragiri Hilir mengadakan kegiatan vaksinasi di pondok pesantren Tebu Ireng di Desa Petalongan.

Vaksinasi dosis pertama juga dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bagan Jaya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Puskesmas Pengalihan Enok.

Pemerintah Kab. Indragiri Hilir sangat berharap khusus nya kepada seluruh masyarakat Indragiri Hilir untuk terus melakukan vaksinasi di berbagai tempat yang memiliki Pelayanan Kesehatan di daerah masing-masing.

Lagi! Vaksinasi Untuk Anak Sekolah Dilakukan di Kabupaten Indragiri Hilir

Foto: UPT Puskesmas Kempas Jaya

UPT Puskesmas Kempas Jaya melakukan Vaksinasi di sekolah MA Al-Syahni Kecamatan Kempas dengan serbuan Vaksin TNI 90 Vial dengan capaian 180 sasaran. Kamis (14/10/2021)

Kepala Puskesmas Kempas Jaya Suharmin mengatakan, Vaksinasi dilakukan untuk semua kelas baik dari kelas 10, 11 dan kelas 12 semua di vaksin, juga dari Mts 14 orang dan SD 1 orang.

Sebagian anak sekolah juga ada yang tidak melakukan Vaksin karena ada yang tidak dapat izin dari orang tua dan sebagian lagi juga ada yang NIK nya yang belum terdaftar di online sampai menunggu NIK nya terdaftar online sambung nya lagi.

Dalam mensukseskan serbuan Vaksinasi untuk Kab. Inhil vaksinasi tidak hanya dilakukan kepada masyarakat umum saja tetapi juga dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk anak sekolah.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Menggratiskan Biaya Swab Test Antigen Peserta Tes CPNS

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menggratiskan biaya Swab Test Antigen bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Swab Test Antigen adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pelamar CPNS untuk mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Salah satu tempat untuk melakukan Swab Test Antigen gratis bagi pelamar CPNS di Kabupaten Indragiri Hilir adalah Puskesmas Gajah Mada di Kecamatan Tembilahan Kota. Kepala Puskesmas Gajah Mada, Marlina mengatakan Swab Antigen gratis dilaksanakan sejak tanggal 11 – 19 Oktober 2021.

Pelamar CPNS wajib membawa nomor ujian, membawa foto kopi KTP dan KK, serta harus hadir 30 menit sebelum dimulainya pemeriksaan Swab Antigen. Tidak melayani swab antigen di luar jam yang sudah ditetapkan.

“Jadi jam yang kita tetapkan itu, untuk sesi pertama pukul 08.00 – 10.00 pagi. Sesi kedua 13.00 – 15.00 sore. Kalau misalnya ujiannya pagi, berarti swab antigennya yang sesi pertama, jam 8 -10. Kalau ujiannya siang, Swab Antigennya juga siang, jadi jam 13.00 – 15.00 WIB.” Ungkap Kepala Puskesmas Gajah Mada, Marlina.

Kepala Puskesmas Gajah Mada, Marlina juga menjelaskan bahwa Puskesmas Gajah Mada hanya melayani swab antigen untuk pelamar CPNS, tidak untuk umum. Swab Antigen hanya digunakan untuk kasus kontak erat pasien covid-19. Dalam sehari, Puskesmas Gajah Mada membatasi pelayanan Swab Antigen gratis bagi pelamar CPNS hanya 40 orang pada sesi pagi, dan 40 orang pada sesi siang.

Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Afrizal Darmawan mengatakan Swab Test Antigen bagi pelamar CPNS yang digratiskan tersebut adalah bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan pengadaan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Indragiri HIlir.

Peran Posyandu dan Rumah Sehat Perlu Terintegrasi dalam Pencegahan dan Penanggulangan Stunting

Foto : Kepala Dinas PMD Kab. Inhil

Sosialisasi Pemantauan Pertumbuhan Balita masih terus dilakukan, dalam tema “Cegah Stunting Itu Penting” dengan topik yang dibahas adalah peran Posyandu dan Rumah Sehat. Kegiatan juga terus di ikuti oleh Ibu TP-PKK dan Tenaga Gizi yang ada di Puskesmas se- Kabupaten Indragiri Hilir, sosialisasi tersebut dilakukan di Hotel Harmoni Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir pada (30/09/2021).

Tujuan Posyandu adalah memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, Keluarga Berencana, dan Imunisasi Gizi dan Pencegahan serta Penanggulangan Diare. Selalu mencatat Laporan seperti laporan yang selalu update dan laporan tidak boleh fiktif dan merekayasa karena dapat berdampak pada Data Kabupaten secara menyeluruh dan berimbas pada status peringkat Stunting Kabupaten.

Foto : Kepala Dinas PMD Kab. Inhil

“Telah dijelaskan oleh Budi N. Pamungkas, S.STP, M.Si Kadis PMD Kab. Inhil Bahwa Stunting ini adalah masalah besar yang mengancam tanpa kita sadari terhadap generasi yang ada, Stunting itu pada prinsipnya tidak hanya berbicara ukuran badan yang pendek dan juga pada perkembangan masa ke depan”.

Rumah Desa Sehat adalah fasilitasi layanan kesehatan dasar sebagai pelaksana pembangunan berwawasan tingkat desa dengan pengertian hadirnya Rumah Desa Sehat merupakan upaya bersama melalui musyawarah untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat di bidang Kesehatan dan juga merupakan salah satu point Pencegahan dan Penanggulangan Stunting.

Peran PKK Di 1000 Pertama Hari Kehidupan (HPK) Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Sosialisasi Pertemuan Pemantauan Pertumbuhan Balita yang di ikuti oleh Anggota TP-PKK di berbagai Kecamatan serta juga di ikuti oleh Tenaga Gizi di seluruh Puskesmas se Kabupaten Indragiri Hilir.

“Itu, ada loh…keluarga itu yang marah dikatakan anaknya kurang gizi. Padahal kita bermaksud membantu.” Cerita Ketua PKK Indragiri Hilir, Hj. Zulaikhah Wardan, S.Sos, ME saat menyampaikan materi diskusi mengenai Sosialisasi Pemantauan Pertumbuhan Balita di hotel Harmoni hari ini, 29 September 2021.

Ketua PKK Indragiri Hilir, Hj. Zulaikhah Wardan berharap petugas punya strategi dan meminta petugas bisa memberikan pemahaman dan pengertian kepada orangtua yang marah ketika anaknya disebut mengalami gizi buruk. “Jika Bapak Ibu marah, nanti kasihan anaknya.” Ungkap Hj. Zulaikhah Wardan.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua PKK Indragiri Hilir, Hj. Zulaikhah Wardan juga berharap anggota dewan ada yang peduli dengan kondisi anggota keluarga anak yang sakit. Hal ini seringkali menjadi alasan seseorang bertahan dengan sakitnya. “Yang ditanggung bantuan itu hanya yang sakit, yang damping bagaimana? Tinggalnya dimana? Makannya bagaimana?” Ucap Ketua PKK Indragiri Hilir.