Skip to main content

58 Kader Posyandu Tembilahan Kota Ikuti Penyegaran Kader Posyandu Balita

Tembilahan – Sebanyak 58 kader posyandu wilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota mengikuti penyegaran kader posyandu balita, Selasa (17/9/2019) di Aula UPT Puskesmas Tembilahan Kota.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Tembilahan dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, serta Lurah.

Penyegaran ini bertujuan untuk mengupdate kembali ilmu para kader-kader posyandu serta keterampilan yang dibutuhkan untuk kegiatan posyandu.

“Materi yang diberikan ialah mengenai sistem kinerja posyandu itu sendiri seperti peran kader, kegiatan pokok, pelaksanaan posyandu, cara mengisi grafik pertumbuhan atau sistem informasi posyandu dan materi imunisasi serta stunting,” terang Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg. Hj Wahyu Winda, M.Si.

Wanita yang sering disapa akrab Winda ini menyatakan, penyegaran kader sangat penting, sebagai upaya pelayanan kesehatan, maka dengan itu setiap kader harus memahami tugas, kegiatan pokok dan pelayanan kesehatan dasar diposyandu.

“Kader merupakan ujung tombak, dimana para kader memiliki peranan penting dalam kesehatan masyarakat. Apalagi kader merupakan pintu pertama dalam penyediaan jasa kesehatan di posyandu, sehingga perlu mendapatkan penyegaran,” ungkapnya.

Ia menuturkan, bahwa Puskesmas siap membantu kader dalam pelaksanaan kegiatan posyandu dan telah terbentuk pula grup WA kader dengan petugas puskesmas agar memudahkan komunikasi kader dengan petugas.(ded)

Laporan Promkes Puskesmas Tembilahan Kota : Monica Julya Hidayad, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *