Peran dari Tim Pendamping Akreditasi Puskesmas untuk mempersiapkan akreditasi Puskesmas sangat besar perannya karena dari mereka pihak puskesmas bisa berbenah dan mempersiapkan diri untuk dinilai oleh tim Surveyor.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Akreditasi Puskesmas adalah proses perbaikan mutu dan kinerja puskesmas secara berkesinambungan yang terstandar dan terukur (Permenkes Nomor 46 Tahun 2015).

Merujuk pada Pasal 1 ayat 1, Definisi Akreditasi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar Akreditasi.

Sedangkan Tujuan Akreditasi yang tertuang di Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 adalah :
1. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Pasien
2. Perlindungan Tenaga, Masyarakat, Lingkungan dan puskesmas
3. Kinerja Pelayanan Kesehatan
Melalui Peningkatan dan Pembinaan
• Administrasi dan Manajemen (ADMEN)
• Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
• Upaya Kesehatan Perorangan (UKP)

Nah, dari 3 Indikator ini ada namanya “Tim Pendampingan Akreditasi”, disini Tim Media Center Dinas Kesehatan coba memperkenalkan Tim I Pendamping Akreditasi Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir yang merupakan 3 aktor dibalik suksesnya Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Tembilahan Kota ( * 2016 ), dan Puskesmas Kuala Lahang , Puskesmas Kempas Jaya, Puskesmas Pengalihan Enok ( *2017 ) dengan status Akreditasi Madya

1. dr. Iswandi

dr. Iswandi yang juga menjabat sebagai direktur RSUD Tengku Sulung Pulau Kijang ini mendampingi Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Pelayanan dimulai dari pasien datang di pendaftaran terus dilayani di ruangan (umum, Gigi, Kia, KB dan lain-lain), dilanjutkan ke labor, mengambil obat di apotik, sampai pasien pulang terlayani dengan pelayanan paripurna.

Puskesmas seharusnya memiliki SDM, Sarana dan prasarana sudah terstandar, dan dievaluasi secara terus menerus serta ditindak lanjuti sehingga mencapai pelayanan yang memberikan kepuasan pasien.

“Pasien atau masyarakat jangan ragu-ragu memberikan masukan kepada pihak Puskesmas sehingga pelayanan akan semakin baik”, terang dr. Iswandi

2. Subowo Radiyanto, SKM, M.Kes

Mas Bowo begitu sapaan akrab pria yang juga sebagai Kepala Upt Puskesmas Gajahmada ini mendampingi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

Bagaimana cara Puskesmas melayani masyarakat mulai dari merencanakan, melaksanakan, monitoring, evaluasi dan tindak lanjut  yang dikenal dengan istilah PDCA ( Plan, Do, Check, Action)  dilaksanakan secara terus menerus pada semua program, baik program UKM esensial dan UKM Pengembangan. Setiap pengelola program harus membuat suatu Inovasi bersama masyarakat untuk memecahkan masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat.

Masyarakat diharapkan menyampaikan masalah kesehatan kepada pihak Puskesmas, baik secara langsung maupun melalui kotak saran dan media informasi lainnya. Keluhan masyarakat yang masuk ke Puskesmas akan ditindak lanjuti, sehingga masyarakat merasa dilayani dengan baik dan memuaskan.

3. Azmir, SKM

Peran yang sangat tinggi angka penilaiannya dipegang atau didampingi oleh Pak Azmir yaitu Administrasi dan Manajemen (ADMEN), kenapa dikatakan paling tinggi, sebab indikator untuk batas Puskesmas berstatus Dasar saja angka penilainya harus melewati harus besar dari angka 76 persen.

Kelompok Kerja Admen harus bekerja sesuai dengan prosedur kerja (protab) sehingga diharapkan manajemen yang bagus akan menghasilkan pelayanan yang memuaskan. Admen yang dilakukan berdasarkan P1, P2, P3.

P1 : Perencanaan akan diwujudkan melalui PTP (perencanaan tingkat puskesmas).
P2 : (Penggerakan Pelaksana) akan diwujudkan melalui pelaksanaan minilokakarya baik itu minlok bulanan maupun tribulan.
P3 : ( penilaian pemantau dan evaluasi akan diwujudkan melalui penilaian kinerja. Itulah inti dari manajemen sehingga diharapkan akan ditindaklanjuti semua tahap itu melalui PDCA ( Plan, Do, Chek, dan Action).

Diharapkan Puskesmas bisa memahami sistem manajemen yang telah diterapkan agar pelayanan di Puskesmas outputnya memuskan serta memberikan sebuah manfaat terhadap masyarakat dan petugas.

# Sekedar informasi saat ini Tim I sedang mendampingi Upt Puskesmas Kota Baru, Upt Puskesmas Pulau Burung dan Upt Puskesmas Sungai Guntung.

Berikut Nama-nama Puskesmas yang sudah terakreditasi :

Upt. Puskesmas Gajahmada, Tembilahan Hulu, Tembilahan Kota, Sungai Salak, Sungai Piring, Kuala Lahang, Pengalihan Enok, Kempas Jaya, dengan Status Madya

Kuala Enok dan Teluk Pinang dengan status Dasar

Catatan : * Tahun Mendapatkan Akreditasi Madya

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini