Pentingnya pengetahuan dan pemeriksaan dini kanker serviks dan payudara ini karena penyakit ini merupakan salah satu pembunuh nomor 1 (satu) bagi perempuan di Indonesia. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan bagi seorang wanita, setelah kanker serviks. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak.

Hal inilah yang mendasari UPT Puskesmas Teluk Pinang melaksanakan penyuluhan kesehatan sekaligus pemeriksaan iva test pada acara arisan bulanan ibu-ibu PKK se-kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) yang pada bulan ini dilaksanakan disalah satu rumah masyarakat di kelurahan Tanjung Harapan.

dr.Destia Wulandari selaku dokter umum UPT Puskesmas Teluk Pinang yang menjadi penyuluh mengatakan pentingnya pemeriksaan sejak dini untuk mengurangi faktor resiko terkena penyakit ini.

“Deteksi dini sangat diperlukan untuk mencegah dan mengetahui kanker serviks” ucap dr. Destia.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Teluk Pinang  Kusma Hendra, SKM penyuluhan dan pemeriksaan ini sangat perlu dilakukan terus menerus secara berkelanjutan, untuk menurunkan angka penderita kanker serviks dan payudara.

“Penyuluhan ini akan terus kita lakukan, untuk meminimalisir timbulnya kanker serviks dan payudara”, ucap kusma hendra.

Sementara itu Ketua PKK Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) Hj.Herma Suryani, S.Pdi mengungkapkan informasi kesehatan seperti ini sangat penting dan berguna bagi anggota PKK serta masyarakat khususnya yang ada di wilayah Gaung Anak Serka (GAS).

“Semoga setiap bulannya penyuluhan seperti ini bisa dilakukan, khususnya dibidang kesehatan” tutup herma suryani

Editor : Tenaga Promkes Upt Puskesmas Teluk Pinang,  Kurota Ayun, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here