Apel pagi tetap dilakukan oleh tenaga kesehatan Upt Puskesmas Sungai Piring selama 4 (empat) hari kerja, yang harus diikuti oleh semua pegawai negeri sipil (PNS), tenaga kontrak, tenaga honorer karena apel kewajiban bagi setiap PNS. Berdasarkan PP no.53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, maka apel adalah kewajiban bagi PNS karena pelaksanaan apel sebagai fungsi pengawasan/pengendalian dan sarana penyampaian informasi.

Apel juga menjadi kebutuhan bagi tenaga kesehatan yang ada di lingkungan Upt Puskesmas Sungai Piring karena untuk menyiapkan diri secara fisik, kedisiplinan dan kesiapan/kekompakan yang baik untuk diri sendiri.

“Kita memulai disiplin dari apel yang dilaksanakan setiap hari, karena dari situ kita bisa menyiapkan diri secara fisik sebelum melayani pasien yang datang berobat”, ucap syarifah icha shahab selaku pemimpin apel yang bertugas sebagai dokter umum Upt Puskesmas Sungai Piring

Lebih lanjut syarifah mengungkapkan tidak hanya melatih disiplin, informasi juga bisa di sampaikan kepada teman-teman melalui apel pagi. Akan tetapi jika memandang apel pagi setiap hari dengan fikiran negatif tentang pelaksanaan apel “apel hanya membuang waktu saja, tenaga dan tidak bermanfaat” itu adalah hal yang sangat salah kaprah, bagi pegawai yang tenaga kontrak, PTT, dan honorer, apel juga merupakan jurus melatih disiplin kerja sebagai abdi negara.

“Semoga apel ini terus berjalan meskipun petugas kebanyakan berasal dari tembilahan tidak mnjadi penghalang untuk kita menegakkan disiplin sejak dini”, tutup syarifah

Editor : Tenaga Promkes Upt Puskesmas Sungai Piring Tuty Auliyah, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here