200 IBU HAMIL MENDAPATKAN LAYANAN USG GRATIS DI KATEMAN

Bertempat di Rumah Bidan Nurul Khairani, Jalan Kesehatibi-dan-pkkan, Kelurahan Tagaraja, Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting dan PKK Kecamatan Kateman melaksanakan “Gerakan Sayang Ibu Untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)” dengan memberikan pelayanan pemeriksaan USG gratis (09/11/2016) .

Para ibu yang sedang mengandung mengaku senang bisa mendapatkan pelayanan USG gratis. Pasalnya selama ini untuk mendapatkan pelayanan USG mereka harus menempuh jarak jauh dan menghabiskan banyak biaya.

“Sebelumnya saya pernah periksa di Tembilahan, biayanya sebenarnya tidak begitu mahal sekitar seratus ribu rupiah ke RSUD. Tetapi harus menyiapkan ongkos transportasi yang lumayan besar dibandingkan biaya USGnya. Bersyukur sekali karena dapat ikut periksa gratis disini.” Papar salah satu Ibu hamil.

Tidak hanya ibu-ibu di Kecamatan Kateman, kegiatan ini dapat menjaring peserta dari Kecamatan lain yaitu dari Teluk Belengkong dan Pelangiran, dengan melakukan pelayanan pemeriksaan gratis ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat sekitar karena merupakan kegiatan yang dapat dirasakan langsung manfaatnya.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Kateman, Syamsiah, S.Tr.Keb mengatakan bahwa pelayanan USG gratis ini dilakukan untuk menurunkan AKI dan AKB terutama di Kecamatan Kateman yang menjadi penyumbang cukup besar  Kabupaten Indragiri Hilir. Ibu-ibu hamil di daerah sini masih  Wilayah pedesaan yang sulit dijangkau, terlebih lagi akses utama menggunakan sungai menjadi salah satu faktor utama penyebab sulitnya pelayanan kesehatan.

“Seluruh Ibu hamil yang ada disini, kami persilahkan untuk memeriksakan USG dalam acara ini. Tidak ada syarat untuk seluruh seluruh ibu yang sudah positif hami dapat memeriksaakan kandungannya disini. Selain USG gratis, terdapat juga pemeriksaan  lainnya yang kami laksanakan , yaitu pemeriksaan HIV/AIDS (IMS), golongan darah, serta Hb secara keseluruhan gratis 100% tanpa syarat berlaku untuk seluruh ibu hamil.” terang Syamsiah kepada reporter Media Center Team (MCT) Dinkes Inhil.

Pelayanan USG gratis ini disponsori oleh Lovamil yang  diantara pengurusnya merupakan Pegawai UPT Puskesmas Sungai Guntung, RSUD Raja Musa, Klinik PT Sambu, serta Bidan Praktik Mandiri. Acara yang berlangsung mulai hari Rabu sampai Kamis pagi ( 09 – 10 Oktober 2016) diperuntukkan 200 Ibu Hamil yang menggunakan sistem kupon. Dengan mensekcamyebar kupon melalui Bidan-Bidan mendapatkan peserta yang sesuai target pelaksanan.

0 thoughts to “200 IBU HAMIL MENDAPATKAN LAYANAN USG GRATIS DI KATEMAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *