1Untuk  mewujudkan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) sangat dibutuhkan konselor sebaya. Karena konseling teman sebaya adalah program bimbingan yang dilakukan oleh siswa terhadap siswa lainnya.  Untuk itu, UPT Puskesmas Tembilahan Kota kabupaten Inhil menggelar kegiatan sosialasi PKPR dan melatih Konselor Sebaya bagi delapan sekolah di wilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota (04/11/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula UPT Puskesmas Tembilahan Kota diikuti 16 konselor sebaya, dan guru BK masing-masing dari delapan sekolah tersebut.

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota, drg. Hj. Wahyu Winda, M.Si melalu Pemegang Program PKPR Suharti, Amd.Keb berharap pelatihan ini dapat memberikan keterampilan dan pemahaman terkait prinsip dasar sebagai konselor sebaya dan pemahaman mengenai PKPR bagi guru BK. Karena menurutnya, masa remaja adalah masa transisi yang ditandai berbagai perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangan karakteristik seksual. Dan hal ini, menurutnya, bisa membingungkan remaja yang mengalaminya. Oleh sebab itu mereka perlu dukungan, bimbingan, dan pengertian agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat fisik, mental dan produktif. 2

“dengan kegiatan ini remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja”,tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here