IMG-20171110-WA0014Di saat kualitas pendidikan menjadi sorotan utama di Indonesia, menjamurnya kasus penyalahgunaan: pil dekstro (Dextromethorphan) dikalangan pelajar menjadi ironi tersendiri. Sejatinya pil ini digunakan sebagai obat pereda batuk yang langsung menekan pusat saraf agar bisa mendorong dahak keluar dan keluhan pun hilang.

Tapi ketika pil ini dikonsumsi secara berlebihan dengan tujuan untuk mendapatkan kepuasan sementara (fly), maka seseorang akan mengalami halusinasi, hilang akal dan kehilangan produktivitas laiknya orang normal hingga menyebabkan kematian.

Untuk menghindari penyalahgunaan obat itulah UPT Puskesmas pelangiran melakukan sosialisasi dampak penyalahgunaan obat di MTs Nurul Wathan Kelurahan Pelangiran.

Acara penyuluhan ini dibuka langsung oleh Ahmad Taufik,Spd.i selaku kepala sekolah MTs Nurul Wathan, dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada upt puskesmas karena memilih sekolah mereka untuk diadakan penyuluhan penyalahgunaan obat.

“Terima kasih untuk UPT Puskesmas pelangiran, karena ini memberikan pengetahuan buat kami semua akan bahayanya penyalahgunaan obat”, ucap  Ahmad Taufik

Lebih lanjut beliau mengingatkan agar anak didiknya dapat terhindar dari bahaya pil ini yang dapat merusak akal dan pikiran mereka dalam aktivitas belajar.

“Dengan adanya sosialisasi ini, siswa-siswi dapat mendapatkan manfaat dan ilmu agar tidak terjerumus ke hal-hal yang dapat merugikan mereka”, tutupnya

Sementara itu kepala UPT Puskesmas pelangiran Imam Santoso,SST,FT,MM dalam arahannya menghimbau kepada siwsa-siwsi MTs nurul wathan agar dapat memilih hal yang baik dan buruk dalam mencari pergaulan dalam keseharian, karena awal terjadinya hal ini dimulai dari lingkungan mereka sendiri.

“Sebenarnya pil ini sudah distop dalam peredarannya, namun masih ada pihak-pihak yang tak bertanggung jawab untuk merusak jiwa, pikiran, dan mental anak-anak bangsa ini”, ucapnya

“Setelah mendapatkan penyuluhan ini, semoga mereka menjadi putra-putri kebanggaan bangsa dan orang tua nya dalam hal prestasi yang terbaik, bukan menjadi pribadi yang buruk”, harapnya.

Editor : Wahyu Ramadhan, SKM Promkes Upt. Puskesmas Pelangiran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here