IMG-20171122-WA0019Gigi dan mulut merupakan salah satu organ tubuh penting sebagai media masuknya makanan kedalam mulut. Tanpa gigi yang sehat, kita tidak dapat mengunyah makanan yang menjadi asupan gizi untuk tubuh keseluruhan. Gangguan pada gigi dan mulut dapat memicu ada nya penyakit, misalnya stroke yang disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah. Tumpukan plek pada gigi dan gusi menyebabkan penebalan pada plek sehingga menutupi dinding pembuluh darah.

Dalam acara tersebut Hj.Halimah selaku Kepala Sekolah SDN 04 Pelangiran menyampaikan kata sambutannya, sangat berterima kasih kepada pihak kesehatan yang telah datang untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, karena banyak anak-anak sekolah tidak menjaga kesehatan giginya setelah makan makanan yang banyak mengandung gula sehingga membuat gigi sakit dan mengahambat aktivitas belajar mereka.

Dalam penyuluhan tersebut drg. Hayati Oktavia memberikan penyuluhan tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada murid kelas 1, 2, dan 3 sd 04 pelangiran, untuk menumbuhkan semangat menjaga dan memelihara kesehatan gigi dan mulut mereka sejak dini. drg.Halayi Oktavia juga menyampaikan menyikat gigi dan mulut dengan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat minimal dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur,tujuannya adalah untuk menghilangkan partikel-partikel makanan menjaga gusi supaya bersih, membantu untuk menyingkirkan plak yang menyebabkan pembusukan dan menyebabkan nafas menjadi lebih segar.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di ruang kelas SD 04 Pelangiran yang di ikuti murid SD kelas 1,2,3,guru sekolah,dokter gigi dan staf puskesmas pada selasa 21 november 2017 pukul 09.30wib

Editor : Wahyu Ramadhan promkes Upt Puskesmas Pelangiran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here