sei piring27 November 2017. UPT Pkm Sungai Piring kembali melakukan kegiatan pemberian obat filariasis atau kaki gajah DEC dan ALBENDAZOLE dalam bentuk puyer yang siap untuk di distribusikan ke 12 pustu-pustu sewilayah kerja Pkm sungai piring. sasaran kegiatan adalah murid-murid SDN kelas I,II se kecamatan batang tuaka, karna kecamatan batang tuaka telah menemukan 2 kasus filariasis positif dengan pemeriksaan sample feses .

infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria memiliki ratusan jenis,tapi hanya 8 species yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia. penularan parasit ketubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit tersebut akan tumbuh dewasa berbentuk cacing,bertahan hidup 6-8 tahun dan berkembang biak dalam jaringan limfe manusia.

Selain pemberian obat diberikan juga penyuluhan tentang pencegahannya dengan melakukan langkah-langkah diantaranya

-mengenakan baju dan celana panjang

– mengolesi lotion anti nyamuk

-tidur menggunakan kelambu

-dan membersihkan genangan air di sekitar rumah.sp 1

kegiatan pemberian obat filariasisi di laksanakan di SDN 015 desa sialang jaya yang melibatkan tenaga kesehatan dan bidan desa setempat diantaranya Asiah,AMd.Keb, Tuti Auliyah,SKM, Noviani,AMd.Keb, Aulia Pusfita,AMd.Keb, Husniati,AMd.Keb

semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan program eliminasi filariasis bisa segera terwujud untuk kabupaten Indragiri hilir.

Narasumber : Tuti auliyah, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here