DSCF3875Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melalui Bidang Kesehatan Masyarakat dalam hal ini Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan kesehatan Olahraga menggelar dekralasi Desa ODF oleh Desa Pekan Kamis yang dipusatkan di depan Kantor Desa Pekan Kamis, (28/11/2017).

Acara diawali dengan dance cuci tangan pakai sabun oleh Upt Puskesmas Tembilahan Hulu dan pembacaan dekralasi ODF oleh Kepala Desa (Kades) Pekan Kamis Misman, A.Md

Camat Tembilahan Hulu M. Nazar , S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan siap mendukung apapun jenis kegiatan yang sifatnya positif bagi masyarakat khususnya dibidang kesehatan.

“Kami siap mendukung dan memberikan bantuan baik tenaga maupun pikiran untuk kesehatan masyarakat”, ucap M. Nazar

Lebih lanjut beliau menjelaskan Desa Pekan Kamis siap menjadi contoh untuk desa lain agar stop buang air besar sembarangan.

“Dekralasi ODF, intinya Kepala Desa Pekan Kamis siap mencontoh desa ber PHBS, disini tidak ada lagi babs sembarangan, terangnya

“Semuanya sudah disalurkan dengan baik melalui arisan jamban”, tutupnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, SKM. M.Kes dalam sambutannya mengatakan Dekralasi ODF ini merupakan momen berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekat dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna pada kita semua akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional.

“Terima kasih atas semua pihak, ini terwujud atas dukungan semuanya, baik itu babinsa, polres, camat, lurah, kepala desa dan tokoh masyarakat”, ucap Zainal Arifin

“Kami berharap ada desa lagi yang ber ODF selain Pekan Kamis”, tambahnya

Lebih lanjut kadiskes menghimbau semua pihak agar selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dikehidupan sehari-hari.

“ODF artinya tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan”, ucap kadiskes

“Saya mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat”, tutupnya

Pada dekralasi ini juga diadakan penandatanganan Ikrar STBM yang dilakukan oleh : Desa Sialang Panjang, Tembilahan Barat, Tembilahan Hulu, Pulau Palas dan Desa Sungai Intan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here