IMG-20171130-WA0054Suasana puskesmas, kamis (30/11/17) terasa berbeda dari hari biasanya. Lebih kurang 120 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan puskesmas dan Pustu, kader posyandu dan adik-adik saka bakti husada berkumpul di sekitar lapangan puskesmas Sungai Salak.

Dengan tujuan yang sama, yakni menjadikan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap bulan November setiap tahunnya, menjadi momentum untuk menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi semua komponen bangsa di seluruh Indonesia agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit.

Puncak peringatan HKN ke-53 ini yaitu Senam bersama di lapangan puskesmas Sungai Salak, dan ada beberapa lomba, antara lain lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang dan lomba bola naga.

Walaupun hari panas terik, tidak menyurutkan semangat ibu-ibu kader, adik-adik Saka Bhakti Husada serta tenaga kesehatan puskesmas Sungai Salak untuk terus mangikuti lomba demi lomba.

Dengan adanya kegiatan ini selain menjalin hubungan silaturrahmi juga kami ingin mensosialisasikan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) diantaranya Aktivitas fisik, makan buah dan sayur serta cek kesehatan,” ini sesuai dengan tema HKN yaitu Keluarga Sehat, Indonesia Kuat, tutur Saiful Ahwan, S. Kep selaku Kepala Puskesmas Sungai SalakIMG-20171130-WA0055

Akhir kegiatan, selain penyerahan hadiah kepada peserta lomba yg menang, Ka. Subag Tata Usaha Azmir, SKM menambahkan “Tema HKN ke-53 tahun ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. karena itu, upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat adalah dimulai dari lingkungan keluarga, semoga bisa diaplikasikan dikehidupan sehari-hari, tidak hanya di hari ini saja.

Narasumber : ASMULIYANTI, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here