s.piring03 november 2017. Menurut WHO kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh,bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan aspek reproduksi,fungsi serta prosesnya. secara garis besar kespro di kelompokkan menjadi empat golongan di antaranya faktor sosial ekonomi, faktor swadaya, faktor psikologis dan faktor biologis.

UPT PKM Sungai Piring kembali melakukan kegiatan penjaringan kesehatan dan penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja di SMAN 1 Tuah Gemilang. sementara itu penjaringan kesehatan peserta didik merupakan salah satu indikator standar pelayanan Minimal bidang kesehatan yang menjadi urusan wajib pemerintah daerah. Penjaringan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan peserta didik dan perlu di lakukan pemeriksaan berkala.

Tujuan diadakanya kegiatan ini untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal dalam mendukung proses belajar. sasaran kegiatan meliputi semua siswa dan siswi dan waktu pelaksanaan dilakukan per 6 bulan sekali.

kegiatan tersebut meliputi pemeriksaan personal hygiene

1.pemeriksaan kesgimul (kesehatan gigi dan mulut)

2.pemeriksaan kes kuku

3.pemeriksaan kes kuping

4.pemeriksaan kes rambut

5.pemeriksaan konjungtiva (kelopak mata)

bersamaan dengan kegiatan tersebut petugas kesehatan juga memberikann materi penyuluhan kesehatan reproduksi remaja.  semoga kegiatan ini membawa dampak yang positif bagi remaja yang sadar dan mau memelihara kesehatan reproduksinya.

Narasumber : Tuti Auliyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here