IMG-20171104-WA0006Usia anak remaja merupakan masa yang rawan, bukan anak-anak lagi dan juga bukan orang dewasa, dan mereka masih mencari jati diri. Masa inilah yang perlu juga menjadi perhatian kita.

Sebagai salah satu wujud kepedulian UPT Puskesmas Tembilahan Kota pada remaja dimana remaja membentuk posyandu remaja.

Posyandu remaja adalah Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi remaja dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber dan ditujukkan kepada siswa dan remaja pada umumnya.

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg. Hj. Wahyu Winda, M.Si melalui Pemegang Program PKPR Suharti,Amd.Keb menuturkan bahwa tujuan Posyandu Remaja adalah untuk memberikan pengetahuan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan NAPZA bagi remaja.

“Selain itu pos pelayanan terpadu remaja berfungsi juga sebagai sebuah wadah untuk memberi remaja kesempatan berkembang sesuai dengan Kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan agamis,”ucapnya.

Saat ini sudah terbentuk 2 posyandu remaja¬† yaitu di MTsN 2 Tembilahan dan MTs Sa’adah Tembilahan.

Ia juga menjelaskan kegiatan posyandu remaja adalah milik sekolah, petugas kesehatan hanya memfasilitasi dibidang kesehatan sedangkan kader-kader posyandu remaja adalah remaja itu sendiri.

“Yang melaksanakan pelayanan kesehatan dasar seperti menimbang berat badan, tinggi badan adalah kader-kader posyandu, kita petugas hanya melakukan penjaringan pada kesehatannya”,tutupnya.

Editor :  Promotor Kesehatan UPT Puskesmas Tembilahan Kota Monica Julya Hidayad, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here