IMG-20171107-WA0040_resizedBupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyambangi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Selasa (7/11/2017) siang.

Sesaat setelah tiba di Puskesmas Kelurahan Kempas Jaya, Bupati yang didampingi Kepala Puskesmas Kempas Jaya bergegas menuju meja pendaftaran sembari melihat jumlah pasien yang meregistrasi diri.

Dari meja informasi, Bupati beserta rombongan yang mendampingi beranjak ke Aula Puskesmas dan melihat spanduk berisikan komitmen bersama lintas sektoral UPT Puskesmas Kempas Jaya.

Tidak lupa, Bupati juga mengisi buku tamu yang disediakan pihak Puskesmas setelah berkeliling ke beberapa ruang Puskesmas Kempas Jaya.

Sepintas terdengar, Bupati yang berbincang dengan pihak Puskesmas meminta untuk adanya integrasi antara Puskesmas dengan PAUD di Kelurahan Kempas Jaya.

Pihak Puskesmas juga diminta oleh Bupati untuk berkoordinasi dengan pendamping desa dalam beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Puskesmas.

Seusai melakukan tinjauan, Bupati mengatakan, kedatangannya ke UPT Puskesmas Kempas Jaya, tidak lain dan tidak bukan bertujuan untuk melihat kesiapan dan kesiagaan pihak Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, dari hasil tinjauan mereka semua siap siaga di tempat, baik dokter maupun petugas medis lainnya. Sedangkan, untuk kebersihan lingkungan Puskesmas, baik di halaman dan di ruangan – ruangan yang ada juga sudah baik,” ungkap Bupati.

Selain itu, dikatakan Bupati, kunjungan ini dilakukan untuk melihat seberapa jauh kesiapan Puskesmas Kempas Jaya dalam menghadapi akreditasi oleh pihak Pemerintah Provinsi Riau.

“Dalam proses penilaian itu nantinya, tentu juga akan dilihat kesiapan dan kesiagaan para petugas medis serta perlengkapan dan peralatan yang tersedia. Begitu pula, dengan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat,”┬áterang Bupati.

Selanjutnya, Bupati meminta adanya kerjasama antara Posyandu dan Puskesmas yang terintegrasi dengan PAUD di Kelurahan Kempas Jaya.

“Pola itu sudah dilakukan setidaknya di 4 (Empat) Desa untuk Kecamatan Kempas. Langkah ini kedepan rencananya akan menjadi program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil,” tandas Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here