1Sejak tanggal 28 November 2016 Tim based Nusantara Sehat (NS) ditempatkan di UPT Puskesmas Batang Tumu Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir.Tim ini Beranggotakan 7 orang dari berbagai profesi kesehatan mulai dari Bidan, Perawat, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Tenaga Farmasi dan Tenaga Analis Kesehatan.

Menjelang satu tahun penempatan berbagai kegiatan telah dilakukan bersama –sama dengan Puskesmas. Salah satu kegiatan inovatif unggulan Nusantara Sehat Puskesmas Batang tumu diberi nama Tunas Nusantara. Kegiatan ini menjaring berbagai kalangan, mulai dari sekolah tingkat dasar sampai Menengah Atas hingga masyarakat rawan diseluruh Wilayah Kerja Puskesmas Batang Tumu.

Pada tingkat sekolah dasar kegiatan ini fokus pada peningkatan gizi seimbang anak sekolah dengan gerakan makan Sehat anak Sekolah (GEMASS) dan PHBS di Sekolah. Untuk tingkat sekolah menengah Pertama dan Atas yang setara Madrasah Sanawiah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA) kegiatan ini fokus pada pentingnya Kesehatan reproduksi (KESPRO) dan Bahaya dari penggunaan NAPZA.

Masih Tingginya angka obesitas dan gizi kurang pada anak Sekolah Dasar saat ini merupakan suatu permasalahan kesehatan yang menjadi prioritas tim NS Puskesmas Batang Tumu. Tingginya kematian ibu pada usia muda dan tingginya penggunaan Narkoba saat ini tentunya tidak lepas dari kurangnya pemahaman remaja tentang kesehatan Reproduksi dan bahayanya penggunaan NAPZA.

Hasil Riskesdas  2013 anak di indonesia sebanyak 8 dari 10 anak mengalami obesitas pada kelompok umur 5- 12 tahun. Tinggi angka kematian ibu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya teralu muda < 20 tahun, terlalu tua >35 tahun, terlalu dekat jaraknya 2 tahun terlalu banyak anak > 3 orang. Sebanyak 54,2 per 1000 perempuan dibawah usia 20 tahu telah melahirkan dan sebanyak 46,7% dari semua perempuan <20 tahun telah kawin.

Sementara itu pada tingkat masyarakat dilakukan kunjungan rumah dan Konseling  pada pasien penderita Hipertensi dan pembinaan Keluarga Sehat. Angka kejadian hipertensi diwilayah kerja UPT Puskesmas Batang Tumu tahun 2016 menjadi angka kesakitan pertama mencapai 1056 orang. Langkah antisipasi dilakukan Tim NS dan Puskesmas Batang Tumu dengan melakukan Konseling hipertensi guna menurunkan angka kejadian Hipertensi. Pentingnya pembinaan Keluarga sehat perlu dilakukan sejak dini untuk meningkatkan status kesehatan keluarga. Peran puskesmas sebagai pilar utama pelayanan kesehatan tingkat pertama dimasyarakat harus mengedepankan promotif dan preventif . Upaya Tim Nusantara sehat beserta Puskemas Batang Tumu dalam meningkatkan Derajat Kesehatan masyarakat akan terus ditingkatkan melalui berbagai upaya promotif dan preventif yang tentunya tidak lepas dari Upaya Kuratif dan Rehabilitatif.

3

Selain itu, Kerjasama lintas sektoral dalam pembangunan kesehatan yang lebih baik sangat dibutuhkan. Kompleksnya masalah kesehatan yang dihadapi dewasa ini tentunya tidak bisa diemban oleh satu sektor saja. Catatan kecil pengabdian ini tentunya hanya sedikit kisah untuk memulai suatu perubahan yang lebih baik lagi kedepannya.

Editor: Laode Joi, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here