IMG-20171022-WA0025Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

Salah satunya Aktifitas Fisik yang merupakan salah satu pilar utama GERMAS. untuk meeujudkan hidup sehat tersebut UPT Puskesmas Tembilahan Kota melakukan kegiatan senam atau peregangan setelah bekerja.

Setiap pukul 10 pagi pelayanan dihentikan selama 5 menit untuk petugas melakukan rileksasi. Pasien atau pengunjung puskesmas yang menunggu pun boleh ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini kita lakukan setiap hari pada jam 10 pagi, dan tadi sudah dilakukan senam rileksasi yang bertujuan untuk meningkatkan lerja serta fungsi jantung, paru dan pembuluh darah untuk petugas yang telah lama duduk bekerja,” jelas Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota, drg Hj Wahyu Winda MSi.

Menurutnya kegiatan tersebut dapat menungkatkan kekuatan dan daya tahan otot, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis, meningkatkan kelenturan gerak dan mengurangi resiko terjadinya penyakit tidak menular seperti, penyakit jantung koroner, stroke dsb.

“Untuk sasaran, yaitu seluruh petugas puskesmas serta pasien. Kedepan kita berharap, Germas ini bisa dijadikan sebagai contoh bagi semua instansi kerja guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,”tambahnya.

Kegiatan germas dilakukan oleh Puskesmas Tembilahan Kota di sela-sela pelayanan yang dimulai pada jam 10 setiap paginya. Dimana pelayanan pada saat itu dihentikan selama 5 menit untuk petugas melakukan rileksasi. Pasien atau pengunjung puskesmas pun boleh ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

Editor : Monica Julya Hidayad, SKM promkes Puskesmas Tembilahan Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here