WhatsApp Image 2017-10-13 at 12.17.21Pada bulan oktober 2017, Program Gizi  UPT. Puskesmas Sungai Salak mengadakan kegiatan pemantauan Garam Beryodium diseluruh Sekolah Dasar (SD) Wilayah kerja puskesmas sungai salak dengan melibatkan tenaga kesehatan lainnya seperti bidan dan perawat puskesmas sungai salak. Kegiatan kami lakukan di setiap kelurahan maupun desa, dengan sasaran anak Sekolah Dasar (SD), Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan akibat kekurangan Yodium (GAKY) pada anak-anak, karena yang dapat menyebabkan terganggunya perkembangan mental dan kecerdasan.

“Untuk mengetahui kadar yodium dalam garam bisa dilakukan dengan cara pengetesan yang dapat dilakukan siapa saja dengan cara : Yodida / Test Kit

Caranya:

  1. Ambil 1 sendok teh garam, lalu tetesi dengan cairan yodida.
  2. Tunggu beberapa menit sampai terjadi perubahan warna pada garam dari putih menjadi biru keunguan (pada garam beryodium).
  3. Bandingkan dengan warna yang ada pada kit yang tertera pada kemasan.WhatsApp Image 2017-10-14 at 15.03.21

Fortifikasi yodium ke dalam garam konsumsi merupakan program penting sehingga dengan pemantauan garam beryodium ini kita akan memperoleh gambaran tentang situasi dan masalah konsumsi garam beryodium yang memenuhi syarat di rumah tangga dan mampu menganalisa. Ujar Nakes yg melakukan pengecekan garam beryodium.

Narasumber : Asmuliyanti, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here