WhatsApp Image 2017-10-24 at 22.57.40Concong Luar– UPT Pukesmas Concong Luar mengadakan Sosialisasi dengan 2 agenda kegiatan yaitu Sosialisai Perubahan Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan dan Quick Wins pelayanan darah untuk menurunkan angka kematian ibu. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Kecamatan Concong, jumat 20/10/17 dengan Nara Sumber Bapak Rudiyanto S. Kep selaku Kepala Puskesmas, Ibu Lestari, Amd. Keb selaku Pemegang Program Ibu & Anak dan di dampingi dr. Sufron Hasibuan serta Ibu Renni selaku KTU. Kegiatan ini di buka langsung oleh Bapak Camat Kecamatan Concong Antoni Siregar, M. Si dan di hadiri oleh Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama se-Concong Luar dan Desa Panglima Raja.

Rudiyanto S.kep menjelaskan kegiatan ini bertujuan menginformasikan kepada masyarakat dengan adanya peraturan Bupati Indragiri Hilir No 34 tahun 2017 tantang Perubahan Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan.

“Perubahan tarif ini memang benar adanya, sosialisasi ini agar masyarakat yang tidak mempunyai Kartu Jaminan Kesehatan tidak terkejut. Ini juga untuk kebaikan masyarakat supaya semua masyarakat khususnya di Concong mempunyai Kartu Jaminan Kesehatan, jadi ketika sewaktu kita sakit sehingga tidak perlu pengeluaran yang besar lagi. Dan selanjutnya akan disosialisasikan ke 5 desa Kecamatan Concong, ini juga akan berlangsung terus “door to door” sejalan juga dengan pendataan Keluarga Sehat (KS) sampai ke-5 desa”, Jelasnya.

WhatsApp Image 2017-10-24 at 22.58.20Salah satu upaya menurunkan angka kematian ibu melahirkan adalah pemenuhan kebutuhan darah bagi ibu melahirkan dengan komplikasi perdarahan. Hal ini membutuhkan pelayanan darah yang aman dan berkualitas serta perlu didukung dengan ketersediaan darah sesuai kebutuhan. Dalam arahannya Ibu Lestari, Amd. Keb menjelaskan tentang Quick Wins yang merupakan pelayanan darah untuk menurunkan angka kematian ibu. Kebijakan Quick Wins pelayanan darah tertuang dalam Permenkes Nomor 92 tahun 2015 tentang petunjuk teknis pelaksanaan program kerjasama antara Puskesmas, Unit transfusi darah dan Rumah Sakit dalam pelayanan darah untuk menurunkan angka kematian Ibu.

Dalam Pelayanan tranfusi darah tugas Puskesmas adalah mensosialisasikan mengenai donor darah sukarela di wilayah kerjanya, Mendata semua ibu hamil, mengidentifikasi ibu hamil dengan risti atau mempunyai golongan darah langka, mengedukasi ibu hamil dan keluarganya agar menyiapkan minimal 4 calon donor pendamping siaga per-ibu hamil, memberikan informasi tentang persyaratan donor, melakukan pemeriksaan Hb dan gol darah ibu hamil dan kesesuaian golongan darah calon donor dengan ibu hamil, melakukan seleksi awal donor, menginformasikan daftar ibu hamil dan Taksiran Partus serta calon donor siaga yang telah disiapkan, mengirimkan donor siaga ke UTD untuk pengambilan darah (7-10 hari sebelum taksiran waktu melahirkan), Merujuk Ibu Hamil Risiko tinggi yang akan melahirkan ke RS. Untuk itu suksesnya kebijakan Quick Wins ini tentunya juga perlu dukungan dari semua pihak, tambah Rudiyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here