kempas1Jum’at 06 Oktober 2017. Untuk mensukseskan program keluarga sehat, Puskesmas Kempas Jaya melakukan pendekatan keluarga di wilayah kerjanya melalui kunjungan rumah sehingga setiap anggota keluarga dapat terpantau kondisi kesehatannya. Sedikitnya Ada 6 Petugas UPT Puskesmas Kempas Jaya yang telah mengikuti pelatihan Keluarga Sehat guna untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan dalam melakukan pendataan keluarga dan pembimbingan kepada masyarakat terhadap perilaku hidup sehat.

Dengan terlebih dahulu dilaksanakan sosialisasi Keluarga Sehat di Aula UPT Puskesmas Kempas Jaya yang dihadiri oleh kader dan ketua RW diwilayah Kempas sebanyak 35 orang, Acara dibuka langsung oleh Bapak Hendra Wahyudi mewakili Kepala UPT Puskesmas Kempas Jaya dan didampingi oleh bapak Muhammad Ali sebagai tim KS yang akan mempersentasikan indikator dari keluarga sehat. Program ini telah dituangkan dalam bentuk jangka menengah Kementrian Kesehatan pada periode 2015-2019 dengan paradigma sehat.

Melalui konsep itu masyarakat diupayakan agar tetap sehat dengan menerapkan pendekatan holistik. Dalam membangun kesehatan masyarakat melalui paradigma sehat maka Kemenkes mengutamakan pendekatan promotif dan preventif termasuk kegiatan proaktif untuk menyehatkan keluarga.

kmpas2Pendekatan keluarga yang dilakukan sebenarnya bukan barang baru, karena program perawatan kesehatan masyarakat dan perilaku hidup bersih dan sehat di tatanan rumah tangga adalah contoh yang telah dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Kempas Jaya. dengan pendekataan ini. Kegiatan ini sangat di dukung penuh oleh Bapak Suharmin, SKM. MM selaku Kepala UPT Puskesmas Kempas Jaya. Ada bebrapa tim yang turun langsung melakukan pendataan keluarga sehat dan kegiatan Puskesmas tetap jalan. Pendataan ini sudah dilaksanakan juga ke desa – desa lainnya diwilayah kerja UPT Puskesmas Kempas Jaya. Kegiatan yang dilakukan tim KS seperti memeriksa kondisi dan kebersihan rumah dilingkungan warga, sanitasi dan sumur maupun MCK. Setelah itu dilakukan pendataan dalam form resmi Keluarga Sehat, usai pendataan petugas akan menempelkan stiker sebagai tanda sudah dilakukannya pendataan keluarga di rumah tersebut.

Penulis ; Octaverina, SKM (Tenaga Promkes Kempas Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here