DSCF2489Setiap hari biasanya diisi dengan membersihkan taman dan lampu jalan, namun Kamis (26/10/2017) kegiatan berbeda justru dilakukan Tenaga Harian Lepas (THL) pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Inhil, Riau. Dipusatkan di Taman Jalan Swarna Bumi Tembilahan, THL yang terdiri dari 50 orang itu melakukan tes kebugaran dengan berlari sepanjang 1600 meter.

Sebelum berlari, para THL terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan cek kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Gajahmada Tembilahan. Setelah itu, mereka langsung melakukan pemanasan selama 10 menit. Usai pemanasan, mereka pun bergegas menuju garis finis yang berada tepat di depan Kantor Bupati Inhil, dalam hitungan detik, mereka pun mulai berlari secara bersama-sama.

Kepala Puskesmas Gajahmada Tembilahan, Subowo Rudianto menuturkan, bahwa tes kebugaran tersebut dilakukan untuk mengecek kesehatan para THL.

”Kerja dimana pun kita harus sehat dan bugar, tes ini sudah banyak dicoba dimasyarakat, jamaah haji juga, kalau misalnya ada sesuatu yang mengurangi kebugaran langsung kita periksa, apa penyebabnya, dan kita obati,” ujarnya kepada THL sebelum berlari.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertamanan dan Lampu, Syahjuri menambahkan, bahwasanya kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian terhadap kesehatan THL.

”Selain mereka bekerja kita perhatikan juga kesehatannya, karena mereka adalah bagian dari kita,” terangnya.

Lebih lanjut beliau menambahkan, pelaksaan cek kesehatan THL dilakukan setiap bulan, namun jika biasanya hanya di kantor saja, kali ini langsung turun ke lapangan terbuka.

”Sebenarnya setiap bulan, khusus hari ini saja tes kebugaran, kita mengikuti arahan dari Puskesmas Gajahmada. Yang penting dengan kegiatan seperti ini, anggota di lapangan kesehatannya dapat terus terjaga, sehingga bisa fokus menjaga kebersihan taman dan penerangan lampu jalan,” tukas Syahjuri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here