sungai salak11 oktober 2017, Upt. Puskesmas Sungai Salak melakukan kunjungan ke posko korban banjir mumpa, mereka datang tidak hanya menyapa tetapi juga memberi Penyuluhan seputar tentang kesehatan selama berada di posko pengungsian. Salah satunya yaitu tentang Perilaku hidup bersih dan sehat di Posko pengungsian yang disampaikan oleh Asmuliyanti, SKM, Selanjutnya beberapa pengarahan oleh kepala puskesmas sungai salak Saiful Ikhwan, S. Kep. Dan Upt puskesmas Sungai Salak juga memberikan pengobatan terhadap warga dusun Cabang Galah Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir yang mengungsi akibat banjir yang melanda sepekan yang lalu. Pengobatan ini diberikan agar warga yang mengungsi tersebut tidak terkena penyakit seperti Ispa, magh, diare, gatal-gatal, hipertensi, dan lain sebagainya.

Dalam pengecekan kesehatan terdapat sekitar 16 orang dewasa dan anak-anak yang terkene ispa, dan 20 orang yang mengeluh sakit magh, Ujar dr. Eka Purwati Anut.  Khususnya warga yang berusia 60 tahun keatas atau lanjut usia tekanan darah pun meninggi berkisar 160/100 mmHg hingga ada yang mencapai 200/120 mmHg.

“Tensi saya memang biasa tinggi dok, tapi belum pernah setinggi ini. Stres berat akibat banjir. Pantas saja kepala makin berat,” ujar salah satu warga korban banjir.

pengobatan ini akan terus berlangsung sampai banjir mereda di lingkungan Puskesmas Sungai Salak, khususnya di jalan Desa Mumpa. “Kita buka posko kesehatan di samping tenda pengungsi tepatnya di pustu mumpa” tutur Azmir SKM.WhatsApp Image 2017-10-13 at 09.25.40

Tak lepas dari itu dapur umumpun dikunjungi oleh pemegang program gizi, yaitu Nelly, Amg. Selanjutnya serah terima bantuan yang berupa kelambu, Roti MP-ASI, masker, vitamin anak-anak dan obat-obatan untuk korban banjir yang diberikan oleh Upt puskesmas Sungai Salak.

Narasumber: ASMULIYANTI, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here