WhatsApp Image 2017-10-30 at 08.25.16Jum’at, 27 Oktober 2017. Pengelolaan obat adalah rangkaian kegiatan puskesmas yang menyangkut aspek perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan obat. Tujuan pengelolaan obat di puskesmas adalah terlaksananya optimalisasi penggunaan obat melalui peningkatan efektifitas dan efesiensi pengelolaan obat dan penggunaan obat secara tepat dan rasional.

Perencanaan obat di puskesmas dilakukan setiap triwulan agar memudahkan petugas kesehatan dalam menganalisa obat yang masih banyak dan sedikit. Dra. Rosna Adji, Apt selaku kepala gudang farmasi provinsi Riau yang di dampingi langsung oleh Hj.Irmanita,S.S1,Apt,M.Si. selaku Kepala Gudang Farmasi Inhil melihat sekaligus memantau pengelolaan obat di puskesmas Tembilahan Hulu.

Dra. Rosna Adji, Apt mengatakan pengelolaan obat di puskesmas Tembilahan Hulu sudah bagus sesuai SOP, hanya saja beliau menyayangkan ruangan obat yang kurang memadai yang hanya berukuran 1,5 Meter x 3 Meter, sedangkan standar tempat penyimpanan obat yaitu 3 Meter x 4 Meter. Oleh karena itu beliau berharap penataan dan tempat penyimpanan obat harus di tingkatkan lagi agar bisa difungsikan dengan baik.

Narasumber : Anggita Merry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here