ctps 1Permasalahan perilaku kesehatan pada anak sekolah biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan, lingkungan dan munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah, ternyata umunya berkaitan dengan PHBS. Masalah kesehatan yang terjadi pada anak usia sekolah semakin memperjelas bahwa nilai PHBS di sekolah masih minim dan belum mencapai tingkat yang diharapkan.

Concong Luar, 14/10/17 – Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) tanggal 15 Oktober, UPT Puskesmas Concong Luar melakukan kegiatan “Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun” di 3 sekolah di ikuti lebih dari 60 siswa. Kegiatan  ini bekerjasama dengan Program UKS dan ini merupakan  salah satu langkah untuk mewujudkan Indonesia bersih, sehat dan berkualitas.

“Mustika Marlia selaku pemegang program UKS menyampaikan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun dan juga mengajak seluruh anggota sekolah baik guru, dan murid untuk membiasakannya terangnya”.

“Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan cara mudah dan sederhana untuk mencegah berbagai penyakit. karena hingga saat ini, masih ada terdapat anak sekolah yang meninggal karena diare, dan juga anak kurang gizi karena cacingan, untuk itu kita harus membiasakan diri cuci tangan pakai sabun untuk menghindari berbagai penyakit” tambahnya.

Dalam hal ini, Inda Oktari selaku pemegang Promkes UPT Puskesmas Concong Luar menyampaikan pentingnya penyebarluasan informasi, edukasi pada anak usia sekolah. Karena anak usia sekolah sangat peka untuk menanamkan pengertian dan kebiasaan hidup sehat. Keadaan kesehatan anak sekolah akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar yang di capai.

“Ini merupakan upaya preventif terkait pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri untuk menciptakan kehidupan yang sehat terutama anak-anak dari kelompok usia sekolah agar mereka benar-benar melakukan CTPS sebagai suatu gerakan masyarakat dan juga anak usia sekolah masih dalam taraf pertumbuhan dan perkembangan, hingga masih mudah di bimbing dan dibina.”

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here