gbSungai Piring, 18 september 2017, Gizi buruk adalah kondisi tubuh yang mengalami kekurangan gizi dalam kurun waktu yang lama (menahun). Hal ini umumnya terjadi pada anak-anak, gizi buruk pada anak seringkali disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bergizi seimbang, di samping itu bisa juga disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu yang menyebabkan terganggunya proses pencernaan makanan ataupun terganggunya penyerapan zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu krisis Multidimensional telah menurunkan statua gizi masyarakat indonesia. Anak pra sekolah beresiko KEP (kurangnya energi protein) karna mereka tidak lagi disusui dan makanan yang dikonsumsi mungkin tidak memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan progresif mereka. status gizi anak pra sekolah secara tidak langsung terkait dengan tingkat konsumsi dan infeksi. adanya krisis tersebut telah menurunkan status gizi masyarakat, salah satu masyrakat yang rentan terhadap penurunan status gizi adalah anak usia 2-5 tahun, karena pada usia ini anak sudah tidak mendapatkan asupan ASI. kurang gizi dan gizi buruk masih merupakan masalah kesehatan masyarakat indonesia. asupan gizi yang baik sering tidak di penuhi oleh seorang anak,di antaranya karena faktor ekonomi keluarga, pengetahuan tentang gizi  dan jumlah keluarga.

tak terlepas dari itu di salah satu desa dikecamatan Batang Tuaka ditemukan anak yang menderita gizi buruk dengan inisail (M.Y) usia 4 tahun 1 bulan dengan berat badan 5,6 kg TB 64 cm anak dari bapak (R) dan ibu (S).

balita ini mengalami gizi buruk dalam beberapa tahun belakang dengan status ekonomi yang lemah, dalam hal ini UPT Puskesmas Sungai Piring sudah memberikan penangan dengan di rawat di UGD PKM dan pemberian bantuan asupan makanan tambahan serta tindakan lain yang dibutuhkan .

narassumber : Tuti Auliyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here