DSCF1360Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku sarana Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dalam bidang produksi pangan, Dinas Kesehatan menggelar penyuluhan keamanan pangan bagi Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) se-Kabupaten Indragiri Hilir (18/09/2017). Penyuluhan yang dipusatkan di hotel Inhil Pratama (IP) ini akan dilakukan selama 3 hari 18 sampai 20 september 2017.

Kepala Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan H. Ridwan S.Sos, M.Kes mengatakan pemenuhan pangan yang aman dan bermutu merupakan hak asasi setiap manusia, tidak terkecuali pangan yang dihasilkan oleh Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP).

Lebih lanjut beliau mengatakan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) adalah usaha pangan yang memiliki tempat usaha di tempat tinggal dengan peralatan pengolahan pangan manual hingga semi otomatis. Adanya produksi pangan/makanan yang mengabaikan cara pembuatan pangan yang baik dan peraturan keamanan pangan akan berdampak pada masalah keamanan pangan yang membahayakan kesehatan konsumen terutama anak-anak sekolah sehingga terhambatnya perkembangan kualitas sumber daya manusia indonesia.

“Dengan dilaksanakannya “penyuluhan keamanan pangan” ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan produsen tentang pengolahan pangan, peraturan di bidang keamanan pangan”, terang sekretaris dinas kesehatan H. Ridwan S, Sos. M.Kes

“Menumbuhkan kesadaran dan motivasi produsen (IRTP) tentang pentingnya pengolahan pangan yang baik dan memiliki tanggung jawab terhadap keselamatan konsumen serta meningkatkan daya saing dan kepercayaan konsumen terhadap produk pangan IRTP”, tutupnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan Sumber Daya Kesehatan (PPSDK) Ns. Matzen, S. Kep, M.si selaku panitia pelaksana mengatakan pelaksanaan penyuluhan keamanan pangan ini pada akhirnya menghasilkan pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) yang memiliki pengetahuan tentang cara produksi pangan yang baik, jenis bahaya pangan, bahan tambahan pangan, pemahaman tentang hygiene sanitasi dan pengelolaan modal usaha yang benar, serta mampu meningkatkan kualitas IRTP, meletakkan IRTP dalam posisi yang strategis dan sehat serta berkepentingan untuk menciptakan iklim usaha yang sehat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here