IMG-20170818-WA0006Mengantisipasi penyalahgunaan Narkotika dan obat berbahaya (narkoba) di kalangan pelajar, UPT Puskesmas Tembilahan Kota melakukan penyuluhan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya) di seluruh Sekolah setingkat SD, SMP, SMA sederajat di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg. Wahyu Winda, M.Si melalui Pemegang program Promosi Kesehatan Hj. Nurlian mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi lebih awal kepada para siswa untuk mengenal apa itu Napza dan dampaknya bagi kehidupan manusia.

“Melalui penyuluhan ini untuk menangkal pengaruh penyalahgunaan narkoba dan memberikan pemahaman kepada siswa/i agar tidak terpengaruh dengan narkoba”, ujarnya.

Ia juga menjelaskan, para pelajar diminta untuk menghindari Narkoba dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. Sebab remaja sifatnya masih labil dan mudah dipengaruhi. Maka dari itu diperlukan pondasi yang kuat yakni agama, pendidikan dan peran serta keluarga untuk membentengi diri dari pengaruh narkoba.

Ia juga menambahkan bahwa upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama.

“Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita”, tutupnya.

Editor : Monica Julya Hidayad SKM Tenaga Promosi Kesehatan Puskesmas Tembilahan Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here