IMG-20170826-WA0020Tempuling, 24 Agustus 2017. Hasil pembangunan kesehatan cukup menggembirakan, namun terobosan atau kebijakan baru dalam akselerasi program mutlak dibutuhkan. Terobosan tersebut salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Keluarga Sehat (KS) melalui pendekatan keluarga. Oleh karena itu selama bulan agustus tenaga kesehatan Puskesmas Sungai Salak melakukan survey Keluarga Sehat (KS).

Keluarga sehat merupakan keluarga yang anggotanya tidak sakit badan dan jiwa, cukup makan bergizi, hidup dilingkungan bersih serta perilaku dan interaksi sesuai dengan etika dan hukum. Adapun tujuan dari survey keluarga sehat tersebut adalah mewujudkan keluarga sehat didalam masyarakat dengan 12 indikator yang antara lain terdiri dari lima indikator dalam gizi kesehatan ibu dan anak, dua indikator dalam pengendalian penyakit masyarakat, dua indikator dalam perilaku sehat, dua indikator terkait lingkungan sehat serta satu indikator kesehatan jiwa.

IMG-20170826-WA0019Dalam rangka pendataan keluarga sehat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir maka dilaksanakan survey keluarga sehat. Survey tersebut dilakukan oleh Tim Pendata Keluarga Sehat dari Tenaga kesehatan Puskesmas Sungai Salak. Pendataan tersebut dilaksanakan door to door ke rumah-rumah warga. Keluarga diharuskan menjawab kuesioner keluarga sehat yang diajukan oleh petugas pendataan.

“Kami akan melakukan pendataan dari rumah kerumah yang berada di wilayah kerja puskesmas Sungai salak ini untuk memastikan kedua belas indikator tersebut dan hasil dari indikator tersebut akan kami Laporkan kepada Dinas Kesehatan.” ungkap petugas survey dari Puskesmas Sungai Salak. Kemudian akan dipasang stiker di rumah tersebut. Selain itu keluarga tersebut juga mendapatkan paket informasi kesehatan dan pemeriksaan tekanan darah (tensi) dari petugas pendataan.

Rencananya pendataan keluarga sehat ini akan dilaksanakan di seluruh wilayah kerja puskesmas Sungai Salak. “Saya berharap dalam pendataan dari rumah kerumah nantinya dilaksanakan dengan penuh sopan dan santun serta selalu menjaga etika supaya survey keluarga sehat ini dapat berjalan dengan lancar” Ujar Saiful Akhwan selaku Kepala Puskesmas.

Asmuliyanti (promkes sungai salak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here