penyuluhan gigi kempas jaya09 Agustus 2017, Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini bertujuan menanamkan sejak dini pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Resiko kerusakan gigi pada anak – anak  umumnya lebih tinggi karena anak – anak sering kali mengkomsumsi makanan dan minuman yang manis sehingga memicu kerusakan gigi yang lebih cepat, yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Selain itu masih kurangnya kesadaran anak – anak untuk menyikat gigi dengan baik dan benar secara teratur juga mempercepat kerusakan yang terjadi pada gigi.

Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini rutin diadakan oleh UPT Puskesmas Kempas Jaya dengan bantuan tenaga kesehatan Pustu dan Polindes yang ada di desa Kempas Jaya, Desa Sungai Ara, Desa Sungai Gantang, Desa Rumbai Jaya, Desa Karya Tani, Desa Danau Pulai Indah, Desa Pekan Tua, Desa Bayas Jaya, Desa Kerta Jaya, Desa Sungai Rabit, Desa Kulim Jaya, dan Desa Harapan Tani. Dari ke 12 Desa yang ada di area UPT Puskesmas Kempas Jaya ini semua kegiatan yang berkaitan tentang penyuluhan kesehatan dan gigi berjalan lancar dan efektif. Sasarannya adalah Paud, TK, dan Sekolah Dasar.

Keceriaan tergambar di wajah – wajah polos murid – murid Paud, TK, dan Sekolah Dasar saat mengikuti Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut yang disampaikan oleh Tenaga Kesehatan baik itu dari UPT Puskesmas Induk dan Puskesmas Pembantu yang ada di Kempas Jaya. Gigi merupakan bagian terpenting dalam mulut yang berfungsi untuk makan dan berbicara. Anak usia sekolah merupakan usia dimana mereka lebih cenderung untuk memilih makanan yang manis seperti cokelat dan permen. Hal ini menjadi faktor utama meningkatnya anak usia sekolah tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Gigi sehat yaitu gigi yang bersih tidak ada plak apalagi karang gigi, tidak ada keluhan sakit atau ngilu, dan tidak ada ciri – ciri ada karang gigi. Kesehatan gigi anak Indonesia adalah langkah awal untuk memperbaiki status gizi masyarakat Indonesia, meningkatkan kesehatan, serta membangun fasilitas kesehatan yang sesuai dengan standar. Akhirnya kesehatan gigi dan anak dapat mempengaruhi tentang psikologis dan tumbuh kembang anak.

Ucapan dari Kepala UPT Puskesmas Kempas Jaya Bapak Suharmin, SKM. MM dan Bapak drg. Iwid Prihartono sebagai Dokter gigi di UPT Puskesmas Kempas Jaya berharap semoga kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini tetap berjalan rutin dan efektif serta mengucapkan terima kasih  buat seluruh tim Puskesmas Pembantu yang ada di Desa terlebih buat Kapustu Bapak Muhammad Ridwan dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut, dan mempunyai peran penting dalam cara hidup anak untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut” kata tenaga promkes, Ririn Octaverina, SKM.

narasumber : Ririn Octaverina, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here