WhatsApp Image 2017-08-15 at 08.30.22Senin, 14 agustus 2017. Puskesmas Tembilahan Hulu bersama masyarakat Desa Sialang Panjang melakukan pertemuan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang merupakan Suatu Kegiatan dengan Tujuan Menyampaikan Permasalahan Masyarakat yang Ditemukan Selama Pengumpulan Data & Pemecahan Masalahnya Serta Rencana Kegiatan Intervensinya. Pertemuan warga masyarakat yang mewakili semua komponen masyarakat di Desa/kelurahan untuk membahas hasil survei mawas diri dan merencanakan upaya penanggulangan masalah kesehatan lingkungan dan perilaku kesehatan lainnya yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Survei Mawas Diri sendiri merupakan suatu kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan kepala Desa/Kelurahan dan petugas kesehatan (petugas Puskesmas, Bidan Desa). Kali ini MMD membahas masalah PHBS RT yang indikator penilaiannya ada 10 yaitu Persalinan dengan tenaga kesehatan, memberikan Asi Eksklusif, penimbangan bayi setiap bulannya, bergotong royong untuk ketersediaan air bersih, biasakan buang air besar di jamban, cuci tangan pakai sabun, bebaskan jentik nyamuk, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok. Dari hasil survey PHBS RT yang telah dilakukan di desa sialang panjang telah menunjukkan beberapa permasalahan kesehatan yang belum mencapai target. Menindak lanjuti akan hal itu, UPT Puskesmas Tembilahan Hulu bersama Pemerintahan Desa Sialang Panjang mengadakan MMD di kantor desa sialang panjang guna membahas bagaimana dan apa tindakan selanjutnya dalam mengatasi permasalahan yang ada agar Desa Sialang Panjang bisa menjadi Desa yg ber-PHBS.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 08.30.21Masyarakat kami memang masih kurang menyadari  betapa penting ny kesehatan yang apabila di abaikan seperti indikator yang ad pada penilaian survey PHBS RT sangat berdampak buruk bagi kesehatan mereka ukas Kepala Desa Sialang Panjang Bpk. H. M. Yusuf K N

Musyawarah yang dihadiri oleh Bapak Sekretaris Camat (SEKCAM) Tembilahan Hulu  yakni Bpk. H. Syarifuddin, , pendamping desa Bpk. Asmail Khairi, SH, MH, Babinkamtipmas Bpk. Ridho Warsika serta para kader PHBS RT, warga desa dan staff puskesmas UPT Puskesmas Tembilahan Hulu yang sepakat untuk saling bekerja sama agar apa yang diharapkan untuk Desa dapat lebih baik dan berjalan dengan lancar.

Anggita selaku pemegang Program promkes menambahkan bahwa perlu adanya upaya untuk menyadarkan dan memberi motivasi kepada masyarakat agar lebih memperhatikan betapa pentingnya kesehatan. Dengan upaya mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, memberi pandangan mengenai saja dampak buruk yang akan terjadi apabila lalai dan kurang memperhatikan minimal 10 indikator yang ada pada penilaian  PHBS RT.

promkes. Anggota Merry Mardini, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here