IMG-20170828-WA0030Tes kebugaran yang dilaksanakan pada Hari Sabtu 26 Agustus 2017 di lapangan depan UGD UPT Puskesmas Kempas Jaya. Peserta berjumlah 50 orang. Usia diatas 21 tahun s/d 56 tahun. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala Puskesmas UPT Puskesmas Kempas Jaya (SUHARMIN, SKM. MM) dan Pemegang Program Kesehatan Jasmani dan Fisik atau Ketua Tim Kegiatan Tes Rocksport (SETIYO BUDI HARNO).

Peserta dalam kegiatan ini Staff Puskesmas Kempas Jaya, Guru – guru SD N 005 Kempas Jaya dan masyarakat sekitar UPT Puskesmas empas Jaya. Kebugaran merupakan elemen mendasar dalam merumuskan ketahanan dan kekuatan fisik. Kebugaran dapat meningkatkan kinerja jantung, paru – paru, dan kemampuan berotot. Tingkat kebugaran dapat diukur dari volume seseorang dalam mengkomsumsi oksigen saat latihan pada volume dan kapasitas maksimum (VO²maks). VO²maks adalah Oksigen maksimal yang dapat digunakan oleh tubuh manusia untuk melakukan aktivitas yang insentif. Biasanya VO2 maks dinyatakan dalam satuan liter per menit atau milliliter/menit/kgBB.

Berdasarkan hasil tes kebugaran yang telah dilaksanakan didapatkan bahwa kebugaran staff puskesmas kempas jaya dengan kategori Cukup sebesar 63,33%. Tes kebugaran dan kesehatan diharapkan seseorang atau staff puskesmas mampu bekerja dengan produktif, efesien, dan tidak mudah terserang penyakit, bersemangat, berprestasi secara optimal dan tangguh dalam menyelesaikan tugas – tugasnya. Kebugaran jasmani yang optimal dapat diperoleh melalui latihan fisik yang benar, teratur, dan terukur.

Dengan tes kebugaran staff puskesmas kempas jaya, guru – guru SD N 005 Kempas Jaya dan masyrakat sekitar memperoleh kesempatan untuk mengetahui tingkat kebugaran dan kesehatannya, sehingga dengan diketahuinya tingkat kebugaran peserta dapat melakukan investasi khusus apabila ditemukan bahwa tingkat kebugaran staff tidak optimal. Selain itu ada beberapa peserta yang hasil tes kebugarannya dinyatakan kurang dikarenakan baru sembuh dari sakit.

Selain pelaksanaan tes, kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan oleh peserta untuk konsultasi tentang kebugaran, kesehatan dan program aktifitas fisik untuk meningkatkan kebugaran. Tujuan diadakannya kegiatan ini sendiri adalah untuk mengupayakan peningkatan kesejahteraan khususnya disektor kesehatan staff puskesmas kempas jaya dan masyarakat sekitar, guna menunjang kebugaran tubuh. Setelah melaksanakan kegiatan tes rocksport ini peserta diberi snack sehat / makanan yang terdiri dari ubi rebus, pisang rebus, buah jeruk dan air putih, mengganti yang sebelum – sebelumnya kegiatan rockspot haji beberapa bulan yang lalu hanya makan snak seperti kue manis dan kue asin saja.

“Kesehatan adalah kata yang besar, soalnya ini mencakup tidak hanya tubuh, tetapi juga pikiran dan jiwa. Untuk menikmati cahaya kesehatan yang baik, anda harus berolahraga”, ucap Kepala Puskesmas Kempas Jaya  Suharmin, SKM. MM

“Olahraga memiliki peranan penting dalam kesehatan. Tubuh memerlukan olahraga teratur sehingga harus melakukannya setiap hari. Sebenarnya, tubuh akan merasa rileks setelah berolahraga”, tambahnya

“Mari kita bangkitkan semangat berolahraga kepada staff puskesmas kempas jaya dan masyarakat sekitarnya, guna menambahkan umur harapan hidup kita” tutupnya

Penulis : Ririn Octaverina, SKM (Promkes Kempas Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here