WhatsApp Image 2017-07-25 at 12.04.29Concong Luar Jumat (21/07/17) – Sehubungan dengan program Bupati Peduli Dhuafa II tahun 2017 yaitu untuk 2.484 anak sunat massal gratis. Dengan itu UPT Puskesmas Concong Luar digagas oleh Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir dan Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan sunatan Massal.

Sunat massal ini dipusatkan di 2 tempat yaitu UPT Puskesmas Concong Luar dan SMPN 01 Concong. Kegiatan yang dipusatkan pada 2 tempat ini, sempena hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Kabupaten Inhil tahun 2017 yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa, fakir, miskin, yatim/piatu.

Sebanyak 137 anak di wilayah kerja UPT Puskesmas Concong Luar mengikuti sunatan massal yang di tangani oleh bidan dan perawat.  Dari pantauan di lapangan, anak datang bersama orang tua mendaftarkan diri nya dan mendapatkan sarung, setelah itu mengantri untuk di panggil ke ruangan. Tampak bermacam ekspresi anak dan orang tua yang datang. Terlihat dari banyak anak mempersiapkan diri karena mereka takut di sunat, ada yang dengan tenang, ada yang kabur saat sudah berada di ruagan. Hiruk pikuk jeritan, tangisan takut terjadi di ruangan. Beberapa perawat dan bidan mencoba membujuk anak tersebut dengan beberapa rayuan, ada yang bisa di bujuk dan ada juga pulang karena anak juga tidak bisa di paksakan bila tidak mau di sunat. Setelah selesai, mereka mengambil makan dan snack yang telah di sediakan dan mengambil obat di apotik. Selanjutnya anak di anjurkan makan obat dan tidak boleh terlalu lasak dahulu.

asfBupati Indragiri Hilir  H. Muhammad Wardan dan Camat Kecamatan Concong  Antoni Siregar, S.Pd berkesempatan hadir memantau pelaksanaan sunatan massal setelah melaksanakan silaturahmi dan sholat Istiqhosah di Masjid Nurul Huda Kelurahan Concong. Turut hadir juga saat itu sejumlah pejabat dilingkungan pemkab Inhil dan undangan lainnya. Selanjutnya Bupati sendiri sholat Jumat berjamaah sebagai Imam dan Khatib di Mesjid Nurul Ihsan Desa Panglima Raja. Dan Sorenya membuka turnamen Bupati Cup Kecamatan Concong di Desa Sungai Berapit.

Rudiyanto S. Kep selaku UPT Puskesmas Concong Luar berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tahunnya, karna ini termasuk tahun ke-2 program Bupadi Peduli Duafa. Ucapan terima kasih juga di ucapkan kepada tenaga kesehatan yang telah membantu dalam menyukseskan program sunatan massal ini.

“saya harap kegiatan ini akan berlanjut terus  dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan membantu masyarakat setempat. Allhamdulillah UPT Puskesmas Concong Luar diikuti oleh 137 anak dari kaum dhuafa, fakir, miskin, yatim/piatu, dan ini semua tidak terlepas dari buah kerja keras kita. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu”. Terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here