IMG-20170722-WA0008kamis, 20 juli 2017. Salah satu strategi utama untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan bermartabat adalah dengan menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS adalah Sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.

Hampir semua masalah kesehatan dapat dicegah dengan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat khususnya di rumah tangga, karena anggota rumah tangga merupakan aset yang sangat potensial untuk diberdayakan dalam upaya menjaga dan memelihara kesehatan. Melalui upaya ini, setiap rumah tangga diberdayakan agar tahu, mau dan mampu menolong diri sendiri di bidang kesehatan dengan mengupayakan lingkungan yang sehat, mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang dihadapi, serta memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada. Setiap rumah tangga juga digerakkan untuk berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya dan mengembangkan upaya kesehatan bersumber masyarakat.

Survey PHBS Tatanan Rumah Tangga dengan 10 indikatornya merupakan upaya untuk menilai keadaan atau permasalahan kesehatan di rumah tangga. Indikator PHBS tatanan rumah tangga diarahkan pada aspek program prioritas yaitu KIA, Gizi, kesehatan lingkungan, Gaya Hidup dan Upaya Kesehatan Masyarakat.

Adapun 10 indikator PHBS tatanan rumah tangga tersebut adalah sebagai berikut :

Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, Bayi diberi ASI Eksklusif, Menimbang bayi dan balita, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan air bersih, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah, Melakukan aktifitas fisik setiap hari, Makan sayur dan atau buah setiap hari, dan Tidak merokok di dalam rumah.

IMG-20170722-WA0007pada kesempatan ini petugas puskesmas tembilahan hulu khusus ny penanggung jawab program promkes Anggita merry mardini, SKM dan penanggung jawab Kesling Abdullah, AMKL serta tak ketinggalan jg kepala Puskesmas tembilahan hulu ibu Hj. Rosdinah, SST, M. Kes turut turun ke Desa sialang panjang kecamatan tembilahan hulu untuk melakukan sosialisasi sekaligus pelatihan kader – Kader PHBS yang di hadiri jg oleh bapak H. M. Yusuf KN selaku kepala desa sialang panjang.. kegiatan ini kita lakukan agar survey yang akan kita jalani dapat berjalan lancar..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here