IMG-20170715-WA0035Kempas Jaya – Usia senja tak berarti harus tidur – tiduran atau malas – malasan dirumah tanpa kegiatan bermanfaat. Sebab, kesehatan dan kebugaran tubuh tetap harus dijaga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan senam. Karna senam bisa membuat sehat jasmani dan rohani. Dengan demikian, lansia bisa tetap semangat dan energik. Meski usianya sudah tak muda lagi, namun semangat para lansia ini masih berapi – api. Mereka terlihat antusias mengikuti gerakan senam arahan instruktur. Sembari sesekali tersenyum dan saling melontarkan candaan, para lansia senam tetap aktif menggerak – gerakan seluruh bagian tubuhnya.

 Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Juli 2017 dimulai dari pukul 08.30 WITA di Posyandu Anggrek Blok A Kempas Jaya. Kegiatan diawali dengan senam lansia yang dipimpin oleh tenaga promkes (Octaverina, SKM) dan pemegang program kebugaran (Setyo Budi Harno) dan  Yanti Harianti, AMK dan Nurul Puji Astina, Amd Keb. SKM. Senam sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya lansia. Kita menyadari bahwa populasi penduduk lanjut usia semakin meningkat belakangan ini, yang memberi makna kian meningkatnya kesehatan masyarakat. Pembinaan kesehatan lansia merupakan salah satu kegiatan yang harus terus digalakkkan untuk mewujudkan lansia sejahtera, bahagia dan berdaya guna bagi kehidupan keluarga dan masyarakat sekitarnya. Hal ini merupakan salah satu upaya menghadapi peningkatan status dan derajat kesehatan rakyat Indonesia yang memberikan dampak pada meningkatnya usia harapan hidup bangsa.

 Undang – undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009 menyebutkan bahwa upaya untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat termasuk lanjut usia dilaksanakan berdasarkan prinsip non diskriminatif, parsipatif dan berkelanjutan. Setiap upaya untuk meningkatkan derajat ksehatan masyarakat merupakan investasi bagi pembangunan Negara. Prinsip non dislriminatif mengandung makna bahwa semua masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk lanjut usia (lansia).

 Kegiatan selanjutnya diadakan pengobatan lansia seperti cek tensi, asam urat, gula darah, dan pemeriksaan denyut jantung. Dari kegiatan ini pihak UPT Puskesmas Kempas Jaya berharap masyarakat dapat menjaga pola hidup sehat agar terjauh dari berbagai macam penyakit. Setiap kali Tim Medis menggelar kegiatan ini mendapat respon dan tanggapan warga sangat positif. Selain diperiksa kesehatannya. “Kami berharap kegiatan pengobatan gratis ini bisa dilakukan secara rutin” ujar Hj. Hamidah. AMK staf puskesmas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here