KNBenteng, 26/07/17. Puskesmas Benteng selaku puskesmas yang menyelenggarakan kegiatan penjaringan kesehatan siswa baru di 21 Sekolah di Kecamatan Sungai Batang, memfasilitasi alat yang akan digunakan untuk memeriksa kesehatan dasar pada siswa baru di sekolah. Penjaringan kesehatan dilakukan mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah lanjutan atas. Dalam kegiatan ini, dilakukan pemeriksaan fisik umum seperti mengukur berat badan dan tinggi badan untuk mengetahui tumbuh kembang siswa. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan gigi dan mulut dan THT dari masing-masing siswa yang bertujuan untuk screening sehingga bisa diketahui penyakit gigi, mulut dan THT dan juga dilakukan penilaian terhadap kesehatan reproduksi secara dini. Bagi siswa yang tidak ditemukan ketajaman penglihatan, kelainan kesehatan gigi dan mulut, maupun sistem reproduksi dianjurkan untuk terus melakukan pemeliharaan kebersihan (tindakan preventif). Sedangkan bagi siswa yang didapati adanya kelainan di berikan rujukan ke puskesmas untuk dilakukan penangan lebih lanjut atau pemberian obat.

Tingkat kesehatan tidak hanya ditentukan melalui kegiatan kuratif namun yang utama adalah tindakan promotif dan preventif, maka tindakan penyuluhan PHBS perlu di lakukan di sekolah sekolah. Masalah kesehatan anak usia sekolah umumnya berkaitan dengan PHBS. Peran sekolah selama ini masih belum optimal dalam menerapkan PHBS. Untuk itu Perlu adanya peran serta guru dalam hal menanamkan kebiasaan hidup sehat kepada para siswa/i, pemeriksaan dan pengawasan kebersihan perorangan dan lingkungan, mengenal tanda penyakit menular beserta masalah dan tindakan selanjutnya.

JBJHSekolah sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar seharusnya menjadi tempat yang dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolah. Hal ini dapat diwujudkan melalui penerapan “Health promoting school” artinya sekolah yang mempromosikan kesehatan. Kiranya, kegiatan penjaringan kesehatan, pemeriksaan berkala, dan imunisasi dapat dilakukan secara rutin setiap tahun sebagai bentuk pelayanan kesehatan preventif atau pencegahan tanpa mengenyampingkan tindakan kuratif.

Di harapkan melalui kegiatan penjaringan kesehatan dan penyuluhan PHBS di sekolah dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar dan mutu pendidikan mereka karena pendidikan dan kesehatan adalah dua hal penting dan merupakan prasyarat utama (essential conditions) dalam upaya pembangunan SDM bangsa yang cerdas, sehat dan berkualitas. Melalui sekolah kita dapat menanamkan pengetahuan kesehatan dan kesadaran berperilaku hidup sehat sejak dini kepada anak-anak.

Promkes PKM. [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here