IMG-20170715-WA0034Kempas Jaya – Setidaknya 300 siswa/i SMAN Dharma Pendidikan Kempas Jaya mengikuti penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Napza yang diberikan oleh Tenaga Penyuluh UPT Puskesmas Kempas Jaya tanggal 11 juli 2017 yang diadakan di aula Sekolah tersebut.

 Masa – masa usia SMP dan SMA merupakan masa – masa yang paling rentan terhadap pengaruh pergaulan bebas. Tak pelak usia – usia seperti itu remaja selalu diliputi oleh rasa penasaran dan ingin mencoba hal – hal yang baru. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, rasa penasarannya tak sedikit mengarah ke hal – hal negatif dan tidak baik seperti miras, narkoba, dan seks bebas. untuk mencegah hal ini terjadi pada siswa/i, tim kesehatan PKPR Puskesmas Kempas Jaya pun mengambil tindakan untuk memberikan penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Napza di sekolah – sekolah.

 Masalah kesehatan reproduksi remaja dewasa ini perlu mendapatkan perhatian yang sungguh – sungguh, mengingat saat ini sudah terjadi pergeseran norma dalam masyarakat khususnya remaja, dimana pergaulan menjadi lebih luas dan bebas, ditunjang dengan sarana media sosial yang semakin maju sehingga para remaja lebih banyak mendapatkan pengetahuan bukan dari pihak yang seharusnya. Melihat kondisi tersebut perlu diadakannya penyuluhan kepada kalangan generasi penerus bangsa ujar Kepala Sekolah “Edy Haryanto”.

 Hendra Wahyudi, AMK dan Sri Rujiti, AMK dalam penjelasannya memaparkan tentang pengenalan masalAh sistem reproduksi, proses dan fungsi alat reproduksi. informasi tentang penyakit menular seksual dan HIV / AIDS dan dampaknya terhadap kespro, informasi tentang bahaya narkoba dan miras pada kespro, informasi terhadap pengaruh sosial dan media terhadap perilaku seksual, informasi tentang kekerasan seksual dan bagaimana menghindarinya, mengembangkan kemapuan berkomunikasi termasuk memperkuat kepercayaan diri agar mampu menangkal hal – hal negatif yang terkait dengan kespro, dan informasi tentang hak – hak reproduksi.

 “Diharapkan memalui penyuluhan kespro dari ini dapat memotivasi siswa/i untuk mengisi masa – masa remaja dengan kegiatan positif dan terus belajar dan mengukir prestasi sebaik mungkin. Saya paham anak SMA ini punya rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga semua hal ingin dicobanya. Jika sudah tahu seks bebas dan narkoba itu merugikan diri sendiri, maka jangan sekalipun mencobanya. jika tetap dilakukan maka pasti akan menanggung penyesalan seumur hidup”, pesannya (Octaverina, SKM / promkes).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here