IMG-20170606-WA0017Petugas UPT Puskesmas mengadakan penyuluhan penyakit TBC pada warga Baung Rejo Jaya agar masyarakat dapat mewaspadai akan bahaya penyakit ini bila tidak diobati dengan serius.

Kepala Desa Baung Rejo Jaya, Nurdin, dalam arahannya menegaskan akan bahaya penyakit TBC dan mengharapkan masyarakat selalu berprilaku hidup bersih dan sehat.

“Waspada dengan penyakit ini,karena penyakit ini sangat berbahaya dan menyebabkan kematian bila tidak di obati dengan tepat”, harapnya.

Sementara itu menurut Wahyu Ramadhan,SKM selaku tenaga promosi kesehatan UPT Puskesmas Kecamatan Pelangiran mengharapkan masyarakat dan kader di desa tersebut untuk berperan aktif dalam mencegah penularan dan perkembangan virus tuberkolosis ini dengan melakukan PHBS, bila juga ada tetangga atau keluarga yang terkena tanda-tanda terserang TBC seperti batuk 1-3 minggu, berat badan menurun dan nafsu makan turun, sesak nafas dan dada nyeri, berkeringat dingin tanpa sebab, serta batuk berdahak disertai darah, itu segera dibawa untuk dicek ke Puskesmas agar dapat segera diketahui seseorang itu positif atau negatif terserang TBC.

“Penyakit ini bisa diatasi dengan PHBS, jadi terapkanlah dikehidupan sehari-hari”, tutupnya

Kepada warga juga tim kesehatan UPT Puskesmas pelangiran juga mengingatkan TBC bukan penyakit keturunan atau pun kena guna-guna (santet), ini penyakit yang menyebar melalui udara langsung atau terinfeksi saat tidak sadar bergaul dengan penderita TBC, tapi TBC dapat dicegah dengan minum obat secara rutin tanpa putus selama 6 bulan, jadi kalau penderita minum obat secara teratur maka mereka akan sembuh dan tidak perlu dikucilkan karena takut tertular.

Penyuluhan ini di laksanakan selasa 6 Juni 2017 pukul 10.00 di Balai Desa Baung Rejo Jaya yang dihadiri Kepala Desa, Kader Desa, Bidan Desa, Kepala UPTD Desa.

Editor : Wahyu Ramadhan,SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here