polindesPersalinan merupakan suatu proses yang melalui kejadian secara alami dengan adanya kontraksi rahim ibu dan dilalui dengan pembukaan untuk mengeluarkan bayi. Persalinan adalah proses dimana bayi, plasenta dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu.

Bulan ramadhan memang bulan penuh berkah, karena pada saat bulan ramadhan inilah POLINDES ( Pondok Bersalin Desa ) Teluk Kiambang perdana kedatangan pasien yang mau bersalin, sejak setelah peresmian polindes oleh bupati H.M. Wardan tiga bulan yang lalu.

4 Juni 2017 jam 07.00 wib, pasien yang berinisial “S” datang ke polindes, dengan keluhan sakit pinggang menjalar ke ari-ari, disertai keluarnya lendir yang bercampur dengan darah. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, ternyata pembukaannya sudah 5 cm, ini berarti beberapa jam lagi ibu akan bersalin ujar “Yutik Murtini amd.keb”. Setelah beberapa jam nenunggu akhirnya ibu bersalin juga, namun persalinan ibu tidak berjalan lancar, Dan ternyata ada kesulitan yaitu Distosia Bahu.

Distosia Bahu ialah kelahiran kepala janin dengan bahu anterior macet diatas sacral promontory karena itu tidak bisa lewat masuk kedalam panggul, atau bahu tersebut bisa lewat promontorium tetapi mendapat halangan dari tulang sacrum (tulang ekor),  Lebih mudahnya distosia bahu adalah peristiwa dimana tersangkutnya bahu janin dan tidak dapat dilahirkan setelah kepala janin dilahirkan dan Kondisi ini merupakan masalah obstetri karena bayi dapat meninggal jika tidak segera dilahirkan. DISTOSIA2

Namun dengan berkat kerjasama antara Yutik Murtini amd.keb dan Nof Sri Desi Amk, kendala dapat diatasi dan berhasil membantu proses persalinan tersebut, bayi lahir normal dengan berat badan 3500 gram,  jenis kelamin perempuan dan sehat tentunya.

By: ASMULIYANTI, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here