1Dalam lingkup tenaga kesehatan mungkin orang banyak tidak mengetahui seorang tenaga promosi kesehatan, karena masyarakat hanya paham tenaga kesehatan itu hanya seorang dokter, perawat, dan bidan saja terutama untuk wilayah perdesaan, khususnya di Pelangiran mungkin awalnya saya di anggap sales suatu produk karena hanya berpakaian Hitam-Putih.

Akan tetapi menjadi seorang promotor kesehatan sangat menyenangkan sekali, Kenapa begitu?

Karena saat kami turun langsung  ke desa-desa serta berinteraksi langsung dengan masyarakat dengan segala rintangan dan kondisi alam perdesaan yang berbeda-beda untuk memberikan penyuluhan yang kami sebut pelayanan kesehatan bagi profesi kami sebagai tenaga kesehatan masyarakat di bidang promosi kesehatan.

Jujur dalam pikiran saya yang awam daerah perairan adalah daerah yang sangat terpencil, maklum saya merantau jauh dari Provinsi Bengkulu untuk bekerja disini walau daerah saya sebenarnya di tepi laut dengan segala keindahannya (promosi sedikit ya). Saya baru pertama kalinya bekerja disini dengan alat transportasi Speedboat dan Pompong yang membuat saya mabuk laut.

Jalan untuk menuju kepedesaan yang mereka sebut disini “SP” tidak kalah ekstreem, kalau hari hujan bisa menjadi arena balapan motocross, tapi enaknya masyarakat disini baik semua dan itu menjadi sebuah kenyamanan saya untuk bekerja disini.mungkin ya bagi orang yang tak bisa hidup mandiri di sebuah daerah dengan segala keterbatasan akses akan sulit untuk bertahan, tapi dengan prinsip yang kuat untuk bekerja secara profesional untuk bagaimana membuat masyarakat sehat dan tekat merubah perilaku kesehatan masyarakat mereka itulah tujuan yang sesungguhnya profesi yang kami jalani tidak peduli bagaimana daerah dan tempat kita bekerja. Semangat terus, sama seperti slogan pemadam kebakaran “tidak akan pulang sebelum api padam”, maka kita “tidak tidur sebelum cuci tangan”.

Editor : Wahyu Ramadhan,SKM Tenaga PromKes UPT Puskesmas Pelangiran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here