11.Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diFKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) pada penyelenggaraan Program Jaminan kesehatan Nasional dilakukan dengan penerapan pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan pembayaran kapitasi yang telah ditetapkan dengan peraturan BPJS Kesehatan nomor 2 tahun 2015 yang telah diubah dengan peraturan BPJS Kesehatan nomor 3 tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan BPJS Kesehatan nomor 2 tahun 2015.

Oleh karena itu BPJS Kesehatan melaksanakan supervisi pelayanan primer diFKTP Sungai Salak pada hari Jum’at, 2 Juni 2017. Adapun beberapa hal yang disampaikan adalah Pelaksanaan WTA dipuskesmas kepada peserta JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional ) , konfirmasi kekurangan batas klaim, dan BPJS Kesehatan on the spot bersama unit pemasaran.

Sehubungan dengan hasil pencapaian target indikator komitmen pelayanan diFKTP menjadi dasar pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan, maka dari itu kami mengharapkan kerjasama yang baik dari Dinas Kesehatan serta FKTP untuk mulai memperhatikan ketiga indikator tersebut agar  berada diatas indikator standar sehingga dapat meningkatkan kinerja masing-masing FKTP. “Ujar Dwi Ambang P”. 1.

Selain menyampaikan hal tersebut BPJS juga membuka Tenda didepan puskesmas untuk Pendaftaran BPJS bagi peserta baru dan bagi peserta yang keluarganya belum terdaftar diBPJS. Masyarakat senang sekali dengan adanya pelayanan BPJS yang turun langsung kePuskesmas Sungai Salak karena mereka tidak perlu jauh-jauh pergi mengurus BPJS dikabupaten. “Ujar salah seorang peserta yang baru mendaftar”.

Narasumber : Asmuliyanti, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here