IMG-20170607-WA0000Dalam rangka upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) angka Kematian Bayi (AKB). UPT Puskesmas Kempas Jaya melalui Dinas Kesehatan Indragiri Hilir terus berupaya melengkapi sarana prasarana sampai ke jejaring yaitu Pustu – yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kempas. Diantaranya sarana pertolongan persalinan sudah mulai memadaki. Dan mengacu kepada Standar Pelayanan Minimal no. 43 tahun 2016. Pertolongan persalinan harus 100 % di tolong di Faskes dan oleh tenaga kesehatan yang profesional.

Persalinan ditolong tenaga kesehatan difasilitasi kesehatan yaitu persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan terampil sesuai standar (bidan, dokter, dan tenaga paramedis lainnya) difasiltasi kesehatan. Tujuannya untuk menurunkan kesakitan dan komplikasi persalinan, memberikan pelayanan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi, memberikan kenyamanan, keamanan keselamatan pada ibu hamil, bersalin dan nifas.

Alhamdulillah Pustu Danau Pulau Indah, Pustu Harapan Tani dan Pustu Bayas Jaya mendapatkan beberapa fasilitas dan perlengkapan untuk pertolongan persalinan. Dengan adanya fasilitas tersebut tenaga medis telah melaksanakan program pemerintah bahwa persalinan harus difasilitas kesehatan mulai dari januari sampai saat ini. Masyarakat Desa sangat bersyukur dengan tersedianya ruang khusus untuk persalinan, tetapi tetap masih ada masyarakat yang keberatan untuk persalinan di Pustu itu dikarenakan jarak dari Pustu ke rumah bumil yang terbilang cukup jauh dan dengan kondisi jalan yang buruk. Walaupun begitu bidan desa Harapan tani, desa Danau Pulau Indah dan Desa Bayas Jaya tetap tidak putus asa untuk tetap memberikan penyuluhan dan mengajak para bumil agar melaksanakan persalinan di pustu.

Sampai saat ini Pustu Danau Pulau Indah sudan membantu menolong persalinan sebanyak 7 orang, Pustu Desa Harapan Tani sebanyak 4 orang dan Pustu bayas jaya sebanyak 3 orang.
Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Kepala Desa Pulau Indah, Bapak Kepala Desa Harapan Tani dan Bapak Kepala Desa Bayas Jaya atas partisipasinya dan mendukung kegiatan kami, kemudian Kepala Upt. Puskesmas Kempas Jaya Suharmin, SKM. MM dan Ibu Bikor Hj. Siti Zalekho, SST. Atas motivasi dan dukungannya sehingga program ini dapat terlaksana.

Editor : Promkes Upt Kempas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here