WhatsApp Image 2017-05-04 at 07.18.51Rabu, 3 mei 2017. Dalam rangka menurunkan angka kematian ibu, maka setiap persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan. Oleh karena itu, setiap ibu hamil harus mempunyai akses terhadap petugas dan pelayanan kesehatan. Namun demikian, akses ternyata masih menjadi persoalan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya didaerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan. Hal tersebut antara lain disebabkan adanya keterbatasan infrastruktur dan transfortasi, kondisi geografis dan cuaca yang sulit, serta masih kurangnya tenaga kesehatan.

Hal-hal tersebut akan menyulitkan proses rujukan ke fasilitas pelaynan kesehatan ( fasyankes ) terdekat ketika ada ibu hamil atau bersalin yang mengalami komplikasi.

Rumah tunggu kelahiran ( RTK ) adalah suatu tempat atau ruangan yang berada di dekat fasyankes ( Poskesdes, Puskesmas, Rumah Sakit ) yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi ibu hamil dan pendampingnya ( suami / Kader / keluarga ) selama beberapa hari sebelum saat persalinan tiba dan beberapa hari setelah bersalin. Sasaran Rumah Tunggu Kelahiran diutamakan adalah ibu hamil yang berasal dari daerah dengan akses sulit yang memiliki faktor risiko atau risiko tinggi.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 07.18.51(1)Dengan kerjasama Upt. Puskesmas Tembilahan Hulu bersama Kepala Desa Sungai Intan Kec. Tembilahan Hulu kini telah tersedia rumah Tunggu Kelahiran di desa sungai intan.

“Hj. Risdinah, S. ST. M. Kes selaku Ka. Upt Puskesmas Tembilahan Hulu mengungkapkan “kami berharap dengan adanyanya RTK ini bisa memberikan kemudahan kepada ibu-ibu hamil yang kesulitan untuk menjangkau pasyankes terdekat juga harapan kami RTK ini dapat membantu upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi”

beliau juga menambahkan “terima kasih Bpk. Kepala Desa Sungai Intan yang telah mendukung program Upt. Puskesmas Tembilahan Hulu untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan semoga Desa Sungai Intan bisa menjadi Desa sayang ibu. jelasnya

Narasumber: Promkes Pkm Tembilahan [email protected]

SHARE
Previous articleUPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG GELAR LOKMIN LINTAS SEKTORAL
Next articleKETUA PMI INHIL IKUTI SEMINAR DAN RAKERNIS UTD PMI DI JAKARTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here